HOME, Keluarga

Benarkah Vitamin B1 Bermanfaat untuk Tanaman? Ini Jawabannya!

Benarkah Vitamin B1 Bermanfaat untuk Tanaman? Ini Jawabannya!

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara untuk membuat tanaman Anda selalu subur dan sehat adalah dengan rutin memberinya nutrisi. Nutrisi ini umumnya diberikan dalam bentuk pupuk tanaman, tetapi ada sebagian orang yang memberikan tambahan vitamin khusus tanaman untuk menunjang pertumbuhan.

Vitamin yang sering direkomendasikan untuk tanaman adalah vitamin B1. Dilansir dari From Hunger to Hope, vitamin B diklaim dapat membantu menghasilkan karbohidrat, protein, dan lipid yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, juga membantu mengatur seberapa banyak air yang diserap oleh akar tanaman. Vitamin B1 juga dikenal sebagai tiamin yang dapat membantu tanaman berakar. Ini adalah komponen utama klorofil dan membantu tanaman menyerap cahaya.

Baca Juga: Ini Hal yang Menyebabkan Hasil Tanaman Mentimun Terasa Pahit dan Cara Mencegahnya

Penggunaan vitamin B1 untuk tanaman ini muncul pada tahun 1930 ketika seorang ilmuwan bereksperimen dengan akar tanaman di cawan petri laboratorium. Dalam pengamatan tersebut, dia mendapatkan bahwa B1 dapat membantu merangsang pertumbuhan akar. Penemuan ini kemudian didukung oleh Better Homes & Gardes pada Desember 1939 dengan menampilkan taman bunga mawar dan daffodil yang berlimpah dan sehat karena vitamin B1.

Sayangnya, pada tahun 1942, penulis ilmiah asli menyunting komentarnya sendiri dan mengatakan bahwa penambahan vitamin B1 ke tanaman yang tumbuh utuh tidak berguna dalam praktik holtikultura atau pertanian. Ini jelas membingungkan karena fakta berubah menjadi mitos dalam pertanian.

Baca Juga: Mengenal Jamur Gigi Berdarah yang Tampak Seram, Tetapi Bermanfaat

Meskipun penelitian dan eksperimen sepanjang abad ke-20 telah mengungkapkan bahwa berbagai auksin yang dikombinasikan dengan B1 dapat membantu merangsang pertumbuhan akar, vitamin B1 sendiri tidak. Sementara fakta lainnya mengatakan, bahwa air biasa bekerja lebih baik untuk merangsang pertumbuhan akar daripada air yang dicampur dengan vitamin B1.

Memang tidak selalu mudah untuk menumbuhkan tanaman yang sehat dan bahagia kapan saja. Namun, untuk tumbuh dengan baik, tanaman membutuhkan tiga belas mineral berbeda dari tanah. Enam nutrisi tersebut harus diberikan dalam jumlah yang tepat, seperti nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, belerang, dan kalsium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News