HOME, Keluarga

Benarkah Air Gula Bermanfaat untuk Tanaman? Simak Penjelasannya!

Benarkah Air Gula Bermanfaat untuk Tanaman? Simak Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Banyak orang memunculkan ide-ide baru dalam hal perawatan tanaman. Mulai dari memanfaatkan bahan rumah tangga sebagai pestida, pupuk, dan penutrisi tambahan lainnya. Tak terkecuali air gula yang dianggap dapat meningkatkan proses fotosintesis tanaman. Benarkah hal ini?

Apa Itu Air Gula? 

Air gula adalah kombinasi dari air dan gula. Ini biasanya dilarutkan dengan air panas atau dididihkan agar mudah larut. Takaran berapa banyak gula yang ditambahkan ke air bervariasi bergantung resep dan kebutuhan. Air gula ini biasanya digunakan untuk makanan nabati (tanaman).

Baca Juga: Jangan Asal Tanam! Ketahui Seberapa dalam Sebaiknya Menanam Biji di dalam Tanah

Pengaruh Air Gula pada Tanaman

Dalam proses fotosintesis, tanaman menggunakan energi, air, dan karbon dioksida untuk menghasilkan gula dan pati. Dilansir dari The Spruce, gagasan memberi makan air gula tanaman didasarkan pada asumsi bahwa gula menyediakan karbohidrat tambahan yang diambil tanaman melalui akarnya. Dalam hal ini, air gula dianggap mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Sayangnya, air gula sebagai makanan tanaman ini tidak berfungsi. Alasannya, tanaman tidak memiliki sistem pencernaan yang memetabolisme gula seperti manusia. Terlebih, gula yang dihasilkan tanaman adalah glukosa dan monosakarida, sedangkan gula buatan yang diberikan menghasilkan polisakarida, yakni gula yang lebih kompleks dari rantai monosakarida dan tidak mudah dipecah.

Pemberian air gula untuk tanaman juga dapat menyebabkan akar kesulitan menyerap air. Alih-alih menutrisi, tanaman justru tidak mendapat air dan layu. Tanah yang jenuh dengan air gula juga dapat menarik mikroorganisme berbahaya yang dapat memengaruhi kesehatan tanaman. Air gula juga tidak membantu apa pun pada tanaman yang mengalami masalah karena transplantasi. Pemberian air gula hanya akan memperburuknya.

Baca Juga: Mengenal Humus dan Pentingnya untuk Tanaman

Cara Lain Menggunakan Air Gula untuk Tanaman

Kendati demikian, ada cara lain dalam menggunakan air gula untuk tanaman. Satu-satunya, hanya untuk bunga potong untuk mencegahnya layu. Batang bunga potong dapat menyerap gula yang berfungsi untuk menghidupkan kembali karbohidratnya.

Gula akan mengirimkan sinyal kepada bunga bahwa tanaman itu hidup dan sehat, sehingga mereka harus terus mekar. Itu sebabnya, toko bunga sering memberi Anda saset kecil makanan tanaman yang berbahan dasar gula untuk ditambahkan ke dalam vas. Namun, efek ini hanya bersifat sementara dan bunga tetap akan mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News