InvesYuk

Beli Emas Ukuran Mini, Cocok untuk Investasi?

Beli Emas Ukuran Mini, Cocok untuk Investasi?

MOMSMONEY.ID - Kini, makin menjamur perusahaan atau orang-orang yang menjual emas ukuran kecil alias emas mini. Tak ada salahnya membeli produk ini, tetapi emas ini tak cocok dijadikan produk investasi. 

Emas ukuran kecil memang bisa menjadi pilihan untuk memberi hadiah, kado, atau suvenir. Namun, untuk investasi, sebaiknya Anda tidak memilih emas fisik dengan ukuran mini.  

Agustina Fitria, perencana keuangan OneShildt, mengatakan, emas fisik ini juga agak sulit disimpan. Belum lagi, biaya admin jual beli yang dikenakan, biasanya akan menggerus keuntungan dari pemiliknya. 

Baca Juga: Memberi Modal Usaha untuk Orang Tua, Ditagih atau Diikhlaskan?

Jika ingin beli emas untuk tujuan investasi, ada baiknya Anda menabung saja lebih dulu untuk kemudian beli yang gramasinya besar. 

"Anda bisa nabung berjangka, misalnya, Rp 100.000 per bulan, lalu beli emas setelah satu tahun. Mending beli satu gram daripada kecil-kecil jatuhnya lebih mahal," kata Fitri. 

Untuk tujuan investasi, sebaiknya beli emas yang nilainya besar, paling tidak 5 hingga 10 gram, agar terlihat keuntungannya di kemudian hari.

Hal yang sama disampaikan oleh Rizqi Syam, perencana keuangan Finansialku. Emas dalam ukuran kecil tidak menguntungkan jika untuk tujuan investasi.

Paling tidak, untuk investasi, Anda seharusnya beli satu gram sehingga masih ada selisih untungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News