Keluarga

Begini Cara Pindah ke TV Digital Tanpa Set Top Box

Begini Cara Pindah ke TV Digital Tanpa Set Top Box

MOMSMONEY.ID - Pemerintah akan segera mematikan siaran TV analog, sehingga Anda harus mulai menonton TV digital. Anda bisa pindah ke TV digital tanpa set top box (STB) dengan tiga cara yaitu memeriksa apakah TV Anda bisa menerima siaran digital, membeli Smart TV dan membeli Android TV. 

Program Analog Switch Off (ASO) pemerintah ini tercantum dalam Undang-undang No 11 Tahun 2020 tentang Migrasi TV Analog ke TV Digital. Program ini sebenarnya dilakukan dalam tiga tahap yakni pada 30 April, 25 Agustus dan 2 November 2022. Di Jabodetabek, program ini dimulai pada 5 Oktober 2022 kemarin. 

Baca Juga: Siaran TV Analog bakal Dihentikan, Begini Cara Pindah ke TV Digital

Untuk melancarkan program ini pemerintah menghimbau masyarakat untuk membeli set top box. Bagi keluarga miskin dengan syarat memiliki TV analog, pemerintah juga menyediakan bantuan STB gratis.

Lalu bagaimana jika Anda tak menerima bantuan STB gratis? Bagaimana cara nonton TV digital tanpa set top box? Ada tiga cara, yaitu:

Lakukan pemeriksaan apakah TV Anda bisa menerima siaran digital

Cara nonton TV digital tanpa set top box bisa Anda lakukan dengan memeriksa apakah perangkan TV anda mendukung siaran tersebut. Caranya:

  • Kunjungi situs siarandigital.kominfo.go.id. 
  • Pilih menu perangkat tv digital
  • Pilih kategori televisi, maka akan muncul daftar perangkat TV yang mendukung siaran digital. 
  • Anda juga bisa mengetik merek dan tipe, kemudian pilih cari. Jika tidak tersedia akan muncul pemberitahuan yang menandakan perangkat Anda belum mendukung siaran TV digital.

Adapun daftar perangkat yang mendukung pindah ke TV digital tanpa STB adalah MITO 5011, Samsung QA55QN85AAKXXD, LG 43NANO755SQA, PANASONIC TH-43H400G, MITO 3255, Samsung QA55Q80TAKXXD, LG 55QNED80SQA, PANASONIC TH-32H400G, PANASONIC TH-43HX600G dan Samsung QA55Q70TAKXXD. 

Gunakan Smart TV

Cara nonton TV digital tanpa STB bisa menggunakan Smart TV yang sudah dibuat langsung bisa terkoneksi dengan internet. Melansir Life Style Asia, Smart TV telah dilengkapi aplikasi bawaan seperti Youtube, Netflix dan layanan hiburan lainnya. 

Melansir tcl.com, Smart TV adalah televisi dengan sambungan internet, seperti memiliki komputer di TV Anda. Namun aplikasi yang tersedia di Smart TV tidak bisa di upgrade layaknya Android TV. 

TV Digital dapat dinikmati di Smart TV lantaran memiliki jenis bentuk bit data informasi yag sama seperti layanan streaming Youtube maupun Netflix. 

Pertanyaan selanjutnya, apakah semua Smart TV bisa menerima siaran TV digital di daerah Anda? Untuk memastikan ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan melalui situs Kominfo di atas. Biasanya jika perangkat mendukung siaran digital di daerah Anda akan muncul menu atau informasi yang mengizinkan Anda mencari sinyal siaran TV digital.

Gunakan Android TV

Pindah ke TV Digital tanpa STB dapat Anda lakukan jika memiliki Android TV atau membeli perangkat baru. Pada dasarnya Android TV adalah Smart TV yang memiliki tambahan fitur menyesuaikan dengan sistem operasi Android yang dibuat oleh Google. 

Melansir Android.com, Android TV dikenal dengan kampanye memindahkan layar kecil Anda ke layar yang lebih besar. Android TV dapat tersambung dengan wifi dan HP Anda. Jadi yang Anda lakukan di HP bisa pindah ke layar TV yang lebih besar. 

Baca Juga: Rizky Billar Dipecat Indosiar, Buntut Kasus KDRT dengan Lesti Kejora

Android TV dapat terhubung ke internet dan menyediakan layanan streaming dari Netflix, Youtube, HBO Max, Spotify, Disney + dan lainnya. Anda juga dapat menyaksikan siaran live TV hingga bermain games. 

Untuk memastikan Smart TV atau Android TV bisa menerima siaran TV Digital, periksa satu hal ini. Pastikan perangkat tersebut sudah dibekali fitur DVB-T2. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News