Keluarga

Begini Cara Menyetrika Gorden & Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Menyetrikanya

Begini Cara Menyetrika Gorden & Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Menyetrikanya

MOMSMONEY.ID - Gorden di rumah Anda juga membutuhkan perawatan lo! yuk cari tahu cara menyetrika gorden yang tepat!

Gorden juga terbuat dari kain yang bisa mudah kusut. Sehingga untuk menjaga gorden dalam kondisi yang baik Anda juga perlu rutin mencuci dan menyetrikanya. 

Namun sebelum mengetahui cara menyetrika gorden dengan tepat, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Melansir Rhytm of the Home, beberapa jenis gorden justru tidak bisa disetrika. Misalkan gorden panel blackout dapat rusak jika terkena panas menyengat saat disetrika. Gorden dengan bahan yang lebih lembut juga tidak cocok untuk disetrika. 

Baca Juga: Apa Itu Sitoplasma? Ini Fungsi Pentingnya untuk Tubuh yang Perlu Diketahui

Selain itu menyetrika gorden ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Gorden baru Anda lama-lama akan menghilangkan bekas lipatan saat tergantung. Selain itu gorden lama Anda tidak akan menampakan hasil signifikan saat selesai disetrika dan digantung. 

Adapun menggunakan alat steamer untuk merapikan gorden sepertinya menawarkan kemudahan yang lebih menarik. Anda tidak perlu bersusah payah menata gorden di meja setrika dan menyetrika per bagian. Cukup menggantungkannya dan gunakan alat steamer. 

Jika Anda ingin tetap menyetrika, yuk simak cara menyetrika gorden dengan tepat. Pertama, tentu Anda harus mencucinya terlebih dahulu. Setelah selesai mencuci dan menjemurnya, Anda bisa mulai menyetrika. 

Kedua, saat akan menyetrika pastikan lokasi meja setrika dekat dengan lokasi gorden akan digantungkan. Tujuannya untuk mencegah Anda menciptakan lipatan saat memindahkan sterika. Pilih meja setrika yang piling tinggi dan besar untuk memudahkan menyetrika. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Pemicu Keguguran yang Harus Diwaspadai

Ketiga, atur suhu setrika sesuai dengan jenis kain gorden Anda. Periksa kembali aturan perawatan gorden untuk mencegah gorden rusak. Setelah itu Anda bisa mulai menyetrikanya. Letakan setiap panel gorden pada meja. Kemudian setrika dari atas ke bawah. 

Demikian cara menyetrika gorden dengan tepat. Adapun bagian yang sudah selesai disetrika harus segera digantung untuk mencegah gorden kembali kusut.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News