Begini Cara Membersihkan Kompor Listrik Keramik atau Kaca

Reporter: Benedicta Prima
Jumat, 23 September 2022 | 18:41 WIB
Begini Cara Membersihkan Kompor Listrik Keramik atau Kaca

ILUSTRASI. Peluncuran program konversi satu juta kompor elpiji menuju kompor induksi oleh PLN.


MOMSMONEY.ID - Pemerintah tengah melakukan upaya konversi kompor dari gas ke kompor induksi. Kompor listrik atau kompor induksi memiliki beberapa jenis yaitu yang memiliki pemanas seperti kawat atau besi, atau kompor listrik dengan permukaan dari kaca. 

Kompor induksi tanam

Kompor induksi jenis ini biasanya memiliki bagian pemanas yang tersembunyi. Jika Moms bingung cara membersihkannya, Anda bisa melihat tips yang akan Momsmoney bagikan di bawah ini! Ada dua metode yang bisa Anda gunakan yaitu dengan krim pembersih dan menggunakan baking soda serta cuka. 

Baca Juga: Penasaran Harga Kompor Listrik 2 Tungku? Yuk Simak!

Membersihkan dengan krim pembersih

Moms akan membutuhkan alat seperti tisu atau kain lap, pisau pembersih kaca, air hangat dan krim pembersih pilihan. 

Pembersih kaca

Lap terlebih dahulu permukaan kompor dengan kain atau tisu untuk menghilangkan remah-remah makanan. Gunakan pisau pembersih kaca jika ada bekas makanan yang terbakar. Kemudian teteskan krim pembersih pada permukaan kompor dan gosok menggunakan kain atau spons untuk menghilangkan bekas noda. 

Krim pembersih serbaguna

Setelah itu Moms bisa membersihkan bekas gosokan dengan kain atau tisu terakhir, semprot permukaan dengan air bersih dan lap dengan kain kering. 

Membersihkan dengan baking soda dan cuka putih

Bersihkan sisa-sisa makanan dengan lap kering terlebih dahulu. Kemudian ratakan baking soda di atas permukaan kompor. Setelah itu semprotkan cuka putih di atas baking soda yang sudah rata di atas permukaan kompor.

Membersihkn kompor listrik

Kemudian basahi kain bersih dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun pembersih. Kemudian peras hingga dalam kondisi lembab. Kemudian letakan kain di atas bakingsoda yang sudah disemprot dengan cuka. Letakan selama 10 – 15 menit. 

Setelah itu gunakan lap tadi untuk membersihkan bekas baking soda dan cuka. Kemudian bersihkan permukaan kompor dengan lap kering. Tunggu sampai benar-benar kering, baru kemudian bisa Anda gunakan kembali. 

Baca Juga: Ini Harga Kompor Listrik Satu Tungku Murah Rp 300 ribu

Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan kompor induksi?

Sebaiknya Moms selalu membersihkan kompor listrik setelah selesai digunakan. Pakai kain lembab atau spons untuk membersihkan masakan yang jatuh ke kompor. Jika Moms selalu membersihkan setelah menggunakan kompor, Moms tidak perlu lagi rutin membersihkan kompor secara menyeluruh. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER