HOME, Bugar

Beberapa Faktor Pemicu Keloid dan Cara Mencegahnya

Beberapa Faktor Pemicu Keloid dan Cara Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Keloid adalah penumpukan jaringan parut pada kulit, biasanya muncul pada bekas luka tusuk, luka bakar, atau cacat. 

Pada beberapa orang, keloid tampak lebih menonjol keluar dan berwarna kehitaman. Keloid muncul akibat respon berlebihan lapisan kulit terhadap luka, bahkan luka sayatan kecil saja bisa memicunya, dilansir dari America Skin Health.

Menurut American Osteopathic College of Dermatology (AOCD), setidaknya 10% orang memiliki luka keloid. Ketika kulit terluka, sel-sel kulit akan memanggil sel-sel pembuat kolagen untuk menyembuhkan luka.

Normalnya sel-sel pembuat kolagen akan melakukan tugasnya hingga luka tertutup, dan meninggalkan sedikit bekas luka. 

Keloid terbentuk ketika sel-sel kulit terus menerus membelah diri, bahkan saat luka sudah sembuh dan tertutup. Jaringan bekas luka terus tumbuh, hingga membentuk bekas luka yang besar dan menonjol.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! 5 Tanaman Ini Ampuh Sembuhkan Cacar Air

Dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa penyebab umum terjadinya keloid antara lain.

1. Sayatan atau tusukan, termasuk ketika bercukur

2. Luka bakar

3. Teriris

4. Gigitan serangga

5. Kondisi kulit, seperti jerawat

6. Penyakit yang menimbulkan bekas luka di kulit, seperti cacar

7. Membuat tato

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Ciri-Ciri Cacar Api pada Anak dan Cara Mengobatinya

Jika Anda termasuk orang yang memiliki resiko tinggi membentuk keloid, sebaiknya lakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini agar tidak muncul keloid pada kulit.

1. Hindari melakukan pembedahan kosmetik

Modifikasi penampilan kulit dengan pembedahan memiliki resiko untuk memicu terbentuknya keloid. Pembedahan yang sebaiknya dihindari adalah jenis operasi bedah yang tidak diperlukan untuk menyelamatkan jiwa, atau untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

2. Hindari menambah tato atau menindik lagi

Tato dan menindik sangat mungkin menyebabkan keloid. Pertimbangkanlah resiko keloid, jika kamu ingin membuat tato atau tindikan baru di tubuh Anda.

3. Hindari mencungkil atau memecahkan jerawat 

Jika Anda sudah terbiasa memecahkan atau malah mencungkil jerawat, cobalah belajar menahan diri untuk tidak melakukan hal tersebut. Sebab memecahkan dan mencungkil jerawat dapat menyebabkan peradangan yang bisa memicu munculnya keloid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News