Keluarga

Beasiswa SDM Sawit 2023 Telah Dibuka, Begini Cara Dapat Kesempatan Kuliah Gratis

Beasiswa SDM Sawit 2023 Telah Dibuka, Begini Cara Dapat Kesempatan Kuliah Gratis

MOMSMONEY.ID - Simak cara mendapatkan beasiswa SDM Sawit 2023 untuk dapat kesempatan kuliah gratis.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian membuka Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi (DI, DII, DIII dan DIV) dan Akademik (Strata 1) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2023 atau Beasiswa SDM Sawit 2023.

Pendaftaran Seleksi Nasional Beasiswa SDM Sawit 2023 dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dibuka mulai Mei tahun ini.

Melansir SEVIMA, Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian Hendratmojo Bagus Hudoro menyatakan, program ini diharapkan dapat mencetak generasi muda perkebunan sawit yang secara konsisten bisa berperan dalam meningkatkan industri perkelapasawitan di Indonesia. 

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Orang Tua Lakukan pada Anak Remaja, Apa Saja?

Beasiswa SDM Sawit 2023 dibuka khusus untuk lima jalur peserta yang terkait sawit: pekebun sawit, karyawan di kebun/pengolahan sawit, keluarga pekebun dan karyawan, pengurus koperasi dan lembaga terkait sawit, serta ASN terkait sawit.

"Pembukaan beasiswa dilaksanakan bulan Mei ini dan dibuka lima jenjang (jalur) yang semuanya dikhususkan untuk keluarga besar dunia sawit," kata Hendratmojo.

"Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia, tujuannya tidak hanya fokus pada kebun dan tanaman saja, tapi menyiapkan sumber daya manusianya," ujar dia.

Guna menelurkan hasil terbaik dari nasional Program Beasiswa Sawit Tahun 2023, Direktorat Jenderal Perkebunan akan menggunakan sistem seleksi dan penerimaan beasiswa dari Education Technology SEVIMA.

Baca Juga: Eits! Ternyata Ini 8 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Menyirami Tanaman di Rumah

Informasi Jurusan dan Cara Daftar Beasiswa SDM Sawit 2023

Beasiswa SDM Sawit 2023 memungkinkan Anda kuliah di 13 perguruan tinggi, yaitu:

  1. Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta
  2. Politeknik LPP Yogyakarta
  3. Politeknik Kelapa Sawit CWE Bekasi
  4. Politeknik Kampar
  5. ITSI Medan
  6. Universitas Prima Indonesia Medan
  7. INSTIPER Yogyakarta
  8. Sekolah Vokasi IPB
  9. Politeknik ATI Padang
  10. Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan
  11. Politeknik Aceh
  12. Polbangtan Medan
  13. Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan

Baca Juga: Yuk Memahami Teori Tiga Minuman yang Sedang Viral!

Kuota Beasiswa Sawit pada tahun ini naik dua kali lipat. Tahun sebelumnya untuk 1.000 orang, pada tahun ini kuota beasiswa dilipatgandakan menjadi untuk 2.000 orang.

Kompetensi dan jurusan yang dapat dipilih calon mahasiswa juga sangat beragam. Misalnya, terdapat pilihan jurusan D1 Pembibitan Kelapa Sawit di Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta.

Kemudian, D3 Akuntansi di Politeknik LPP Yogyakarta, D4 Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan di Institut Pertanian Bogor, hingga S1 Sistem Teknologi Informasi di Instut Teknologi Sawit Indonesia.

"Total 40 program studi di 13 kampus seluruh Indonesia yang terkait sawit, kami sediakan untuk jadi pilihan para calon mahasiswa dalam meraih Beasiswa SDM Sawit 2023. Bahkan, terdapat jurusan Akuntansi dan jurusan IT, karena perkebunan juga membutuhkan IT," ungkap Hendratmojo.

Baca Juga: Siap-siap, Ada 4 Kereta Jarak Jauh yang Akan Berangkat di Stasiun Jatinegara

Semua peraih beasiswa akan memperoleh fasilitas beasiswa SDM Sawit 2023 berupa transportasi pulang pergi kampung halaman menuju kampus, biaya pendidikan penuh, kesempatan magang di perkebunan besar, dan sertifikat kompetensi.

Peraih beasiswa juga akan mendapatkan uang tunai untuk biaya asrama/kos, uang saku, dan uang buku, yang besarannya disesuaikan dengan standar biaya yang telah ditetapkan.

Pendaftaran beasiswa akan ditutup pada 19 Juni 2023. Seluruh proses pendaftaran dan seleksi berlangsung secara online dan tanpa dipungut biaya apapun.

Bagi Anda yang berminat bisa memperoleh informasi lebih lanjut dengan mengunjungi situs resmi www.beasiswasdmsawit.id. Kemudian klik pada tombol "DAFTAR SEKARANG" di website.

Penyerahan berkas hingga tes seleksi, nantinya akan berlangsung secara online, dengan metode upload dan tes berbasis komputer (CBT).

Demikian informasi cara mendaftar beasiswa SDM Sawit 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News