Bugar

Banyak Remaja di Bandung Terserang HIV, Ini Alasan Remaja Lebih Rentan Terserang HIV

Banyak Remaja di Bandung Terserang HIV, Ini Alasan Remaja Lebih Rentan Terserang HIV

MOMSMONEY.ID - HIV dan AIDS masih menjadi isu kesehatan yang ramai diperbincangkan dan hampir tidak ada berhentinya. Infeksi virus ini diyakini lebih rentan terjadi pada usia remaja.

Akhir-akhir ini, ada kabar infeksi virus HIV secara massif di Bandung. Dan parahnya penularan HIV secara masal ini terjadi pada remaja.

Dilansir dari salah satu media nasional, dari total lebih dari 12 ribu kasus yang tercatat, sekitar 414 orang yang terinfeksi masih berusia muda dengan status pelajar atau mahasiswa.

Tercatat pula, usia yang paling mendominasi dari kasus tersebut antara 20 sampai 29 tahun dengan persentase lebih dari 40 persen. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Cara Efektif Mencegah Paru-Paru Basah

Kerentanan HIV pada remaja juga terjadi di seluruh penjuru dunia. Terutama untuk wilayah yang memang sangat rentan terhadap infeksi virus tersebut.

Orang-orang dengan usia muda lebih rentan terhadap infeksi HIV karena berbagai faktor sosial, yang mengurangi kemampuan mereka untuk menghindari berbagai perilaku berisiko.

Dilansir dari beberapa sumber, ini termasuk beberapa alasan kenapa remaja lebih rentan terserang HIV, antara lain:

1. Terbatasnya akses maupun informasi seputar edukasi seksual, terutama kesehatan organ reproduksi. 

2. Minimnya bimbingan dan dukungan orang tua.

3. Keterbatasan edukasi tentang berbagai penyakit menular seksual, termasuk HIV dan AIDS.

4. Memiliki trauma masa lalu, termasuk pernah mengalami pelecehan seksual. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Penyakit yang Ditularkan Ibu Melalui ASI

HIV pada remaja juga dikaitkan dengan kurangnya edukasi pada remaja tentang tubuh mereka, baik dari segi fisik maupun mental hingga mengetahui bagaimana menjalin hubungan yang sehat dengan lawan jenis. 

Akibatnya, anak-anak usia tanggung ini akan membuat keputusan yang cenderung tidak aman, dan memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan tubuh mereka. 

Tidak hanya lebih rentan tertular atau terinfeksi HIV, kondisi tersebut juga membuat remaja rentan mengalami penyalahgunaan narkoba. 

Inilah mengapa, sangat penting untuk memberikan edukasi seksual dan kesehatan organ reproduksi sejak dini pada anak-anak.

Bukan soal tabu, lebih pada bagaimana selanjutnya generasi muda mendapatkan informasi dan akses yang tepat sehingga tidak berisiko tertular HIV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News