HOME, AturUang

Bagi Generasi Sandwich, Terbukalah Soal Keuangan Pada Pasangan

Bagi Generasi Sandwich, Terbukalah Soal Keuangan Pada Pasangan

MOMSMONEY.ID - Apabila suami istri bekerja dan harus memenuhi kebutuhan orangtua atau mertua, uang siapa yang dipakai untuk memenuhi itu?

Menurut Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting, jika keduanya termasuk dalam generasi sandwich, tidak ada aturan khusus soal uang siapa yang digunakan untuk membiayai orang tua atau mertua. 

"Penghasilan bisa dari sumber berbeda. Tapi, ketika mereka sudah berkeluarga, uang itu tidak pisah-pisah lagi," kata Eko.

Namun, bisa saja begitu istri menerima gaji, ia langsung memberikan beberapa persen untuk orangtuanya. Begitu pula dengan suami, bisa melakukan hal sama. 

Baca Juga: Baca Juga: Sama-Sama Bekerja Guna Meringankan Beban Sandwich Generation

Namun, sebaiknya keuangan untuk orangtua maupun mertua dikomunikasikan dengan pasangan. Apakah memang itu wajib atau tidak wajib untuk dialokasikan.

 Kalau memang wajib, maka cari tahu berapa besar beban kewajibannya. Lalu, apakah mampu atau tidak Anda dan pasangan mengkover kewajiban tadi.

"Seharusnya tidak semua dikover oleh kita.  Kalau sudah menikah, tanggungjawab kita lebih ke bawah (anak)," kata Eko.

Kecuali jika belum menikah. Maka, sebagai anak memang harus memenuhi kebutuhan orangtuanya yang tidak memiliki dana pensiun.

"Tapi ini bisa membuat si anak tidak menikah karena harus memenuhi kebutuhan orangtuanya. Maka, kita harus bisa memutus generasi sandwich ini," ujar Eko.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News