Santai

Bagaimana Cara Memperlancar Siklus Haid? Ini 4 Cara Alami yang Bisa Dicoba!

Bagaimana Cara Memperlancar Siklus Haid? Ini 4 Cara Alami yang Bisa Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Siklus haid yang tidak teratur tentunya bisa membuat para perempuan kebingungan dan over-thinking sendiri.

Menghitung tanggal siklus menstruasi pun perlu dilakukan agar mengetahui apakah siklus haid terjadi secara teratur atau tidak.

Lalu bagaimana jika siklus haid tidak teratur? Apakah ada cara alami untuk membuat siklus haid menjadi teratur? Simak beberapa tipsnya berikut ini, ya!

Baca Juga: 4 Hal Ini akan Terjadi pada Tubuh saat Anda Berhenti Minum Alkohol! Simak Yuk!

Konsumsi vitamin D

Tak banyak yang tahu bahwa vitamin D juga memiliki manfaat untuk membantu melancarkan siklus haid. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang, vitamin D juga bisa membantu untuk memperlancar proses ovulasi pada perempuan.

Melansir dari laman Medical News Today, ekspos dari vitamin D bisa membantu untuk melancarkan menstruasi pada perempuan dengan PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Vitamin D sendiri juga bisa didapatkan dari sinar matahari melalui aktivitas berjemur.

Kurangi atau tambah berat badan

Berat badan yang kurang ideal ternyata juga bisa menjadi penyebab siklus haid yang tidak rutin. Perubahan pada berat badan tentunya juga bisa memberikan pengaruh pada siklus menstrual pada perempuan.

Baik terlalu kurus maupun terlalu gemuk, kedua kondisi tersebut bisa mempengaruhi hormon tubuh yang membuat siklus menstruasi tidak rutin. Maka dari itu cobalah untuk memeriksa kondisi berat badan ketika siklus haid tidak rutin.

Baca Juga: Waktu Haid Tidak Teratur? Konsumsi 5 Makanan yang Dapat Memperlancar Haid

Yoga

Olahraga yoga merupakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah maupun dengan mengikuti kelas. Olahraga yang satu ini bahkan juga terbukti efektif membantu memperlancar siklus haid pada perempuan.

Melansir dari beberapa penelitian yang diungkap oleh laman Health Line, seseorang yang dengan rutin melakukan yoga bisa meningkatkan fungsi fisik dan hormonnya. Hasilnya, hormon penyebab siklus haid yang tidak rutin bisa ditekan bahkan sindrom PMS dan sakit pada saat menstruasi juga bisa berkurang dengan rutin melakukan yoga.

Bahan makanan alami

Beberapa jenis bahan makanan alami bisa membantu untuk memperlancar siklus haid pada perempuan. Seperti cuka apel, jahe, nanas, kayu manis, dan kunyit bisa dipilih untuk ditambahkan pada menu makanan sehari-hari.

Bahan makanan tersebut memiliki beberapa komponen yang bisa membantu mengatasi inflamasi dan juga bagus dikonsumsi bagi perempuan yang mengalami PCOS. Sehingga makanan tersebut bisa membantu untuk memperlancar proses ovulasi yang terhambat dan tidak lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News