Santai

Awas! Tanpa Disadari, 5 Barang Berikut Jadi Pemicu Munculnya Jerawat

Awas! Tanpa Disadari, 5 Barang Berikut Jadi Pemicu Munculnya Jerawat

MOMSMONEY.ID - Moms, tahukah jika ada beberapa barang yang bisa memicu timbulnya jerawat. Berikut ini adalah beberapa daftarnya.

Jerawat yang tak kunjung berhenti muncul tentunya selalu mengganggu penampilan. Tak hanya dari hormon saja, jerawat juga dapat muncul dari kebiasaan dan barang barang di sekitar.

Barang-barang yang kerap dipakai dan tak pernah dijaga kebersihannya dapat memicu timbulnya jerawat. Tanpa disadari barang-barang tersebut juga berperan dalam munculnya jerawat di wajah.

Baca Juga: Ini Manfaat Tidak Memakai Bra Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Kencang

Berikut ini adalah beberapa barang yang ada di sekitar yang tanpa disadari dapat memicu timbulnya jerawat:

Sarung bantal

Tanpa disadari sarung bantal juga menjadi salah satu barang penyebab munculnya jerawat. Bantal juga merupakan barang yang penuh dengan debu dan keringat.

Rutin menggunakan skincare dan mencuci wajah tentunya akan sia sia jika tidak rajin mengganti sarung bantal.

Ponsel

Melansir dari lama Web MD, ponsel adalah salah satu barang yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dari luar. Ponsel yang kerap dipegang dan diletakkan di sembarang tempat tentunya bisa menjadi sarang kuman dan kotoran.

Kuman dan kotoran yang menempel pada ponsel bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat terutama jika bersentuhan dengan wajah.

Sampo

Sampo juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Sisa sampo dan kondisioner yang tidak dibilas dengan bersih akan mengendap di bagian kulit dan menyebakan pori-pori tersumbat.

Selain itu kandungan sampo dan kondisioner juga bisa memicu munculnya jerawat jika tidak dibilas hingga bersih.

Baca Juga: Pahami 6 Cara Perawatan Wajah untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Patut Dicoba!

Peralatan make up

Kuas dan sponge yang kerap digunakan untuk make up juga memiliki potensi menyebabkan jerawat jika tidak rajin dibersihkan.

Selain menjadi tempat debu berkumpul, laman Glamour menjelaskan, kuas dan sponge juga menjadi tempat sisa make up berkumpul yang tentu saja bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Handuk

Handuk juga menjadi salah satu tempat debu dan kotoran berkumpul. Selain itu kuman dan bakteri juga mudah untuk muncul di handuk yang jarang dibersihkan.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan handuk berbeda untuk wajah dan badan, agar kuman dan bakteri yang masih menempel tak mudah berpindah ke area wajah.

Pasta gigi

Jika sering menemukan jerawat yang muncul di area mulut, hal tersebut bisa saja disebabkan karena sisa pasta gigi yang tertinggal. Sama dengan sampo, pasta gigi juga mengandung zat-zat yang bisa menimbulkan jerawat jika tak dibersihkan hingga bersih.

Itu sebabnya, ada baiknya untuk mencuci wajah setelah gosok gigi.

Nah, itu tadi adalah beberapa daftar barang yang bisa memicu timbulnya jerawat. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan barang-barang tersebut, agar jerawat tidak semakin bermunculan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News