HOME, Bugar

Awas, Ini 4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat

Awas, Ini 4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat

MOMSMONEY.ID - Di masa pandemi seperti sekarang, rasanya tidak asing dengan kebiasaan meminum obat ya, Moms. Tidak hanya obat, banyak orang yang mulai rutin mengonsumsi berbagai macam suplemen untuk menunjang daya tahan tubuh.

Namun, Moms harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat. Ada beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat karena dapat mengganggu kinerja obat yang kita minum.

Dilansir dari WebMD dan thehealthsite.com, MomsMoney merangkum beberapa minuman yang sebaiknya Moms hindari ketika sedang mengonsumsi obat. Simak di bawah!

Baca Juga: Empat Minuman Ini Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Susu

Minuman yang penuh manfaat ini ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat, Moms.

Susu mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium yang dapat menghambat proses penyerapan beberapa jenis obat, seperti antibiotik. Karena proses penyerapan terhambat, tubuh akan dipaksa untuk bekerja lebih keras agar bisa memaksimalkan penyerapan obat.

Teh

Teh adalah salah satu pilihan minuman yang menyehatkan. Namun, sama seperti susu, teh juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama obat.

Teh mengandung zat yang disebut tannin acid atau asam tannin. Tannin bisa mengurangi atau menghambat proses penyerapan obat ke dalam tubuh. Akibatnya, efek obat bisa berkurang dari semestinya, bahkan tidak berefek apapun pada tubuh.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Kopi

Moms termasuk penggemar minuman kopi? Jika iya, sebaiknya perhatikan konsumsinya ketika sedang minum obat, ya.

Interaksi antara kopi dan obat-obatan bisa melemahkan fungsi obat tersebut, sehingga menyulitkan tubuh untuk memproses obat.

Selain itu, kopi yang diminum bersamaan dengan obat bisa mempercepat kinerja sistem saraf, detak jantung, dan meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, berbagai komplikasi yang fatal bisa terjadi. Jadi, sebaiknya Moms hindari meminum kopi jika sedang mengonsumsi obat.

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda bersifat asam, yang berarti ia bisa merusak lapisan pembungkus obat.

Hal ini bisa mengganggu proses penyerapan obat. Sebab, obat-obat tertentu sudah didesain untuk diproses secara bertahap dalam tubuh. Jika obat berinteraksi dengan minuman berkarbonasi, maka proses penyerapannya bisa kacau.

Nah, itu tadi minuman yang sebaiknya dihindari ketika sedang mengonsumsi obat. Jangan sampai obat yang kita konsumsi menjadi sia-sia karena minuman-minuman tersebut. Meminum obat dengan air putih memang merupakan pilihan yang terbaik.

Mungkin moms bertanya-tanya, berapa lama jeda waktu yang baik antara konsumsi obat dan minuman-minuman tersebut? thepharmaceuticaljournal.com menyebutkan, moms sebaiknya memberi jeda waktu dua jam antara konsumsi obat dan minuman-minuman di atas.

Stay healthy ya, moms!

Selanjutnya: Pentingnya Minum Air Putih yang Cukup Selama Isoman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News