HOME, Santai

Awas! Ini 4 Faktor Penyebab Munculnya Depresi yang Wajib Diketahui!

Awas! Ini 4 Faktor Penyebab Munculnya Depresi yang Wajib Diketahui!

MOMSMONEY.ID - Depresi merupakan situasi yang terjadi pada seseorang yang memiliki stres dan tekanan tinggi. Fenomena ini semakin banyak terjadi dalam dunia yang semakin maju dan menuntun perubahan.

Depresi sendiri sebenarnya merupakan penyakit mental kompleks yang penyebabnya sendiri tidak banyak diketahui. Namun, depresi bisa terjadi karena faktor-faktor lain yang memicu timbulnya masalah tersebut.

Banyak hal atau faktor lain yang bisa menjadi trigger atau pemicu yang meningkatkan potensi terjadinya depresi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Catat! 5 Asupan Gizi Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Gender dan umur

Faktor penyebab umum terjadinya depresi adalah gender dan juga umur. Laman Web MD menjelaskan bahwa perempuan memiliki resiko dua kali lipat mengalami depresi dibanding laki-laki. Sebab perempuan memiliki lebih banyak perubahan hormone dibanding laki-laki.

Sedangkan orang-orang dengan usia lanjut juga akan lebih mudah mengalami depresi dibanding dengan yang berusia lebih muda. Hal tersebut disebabkan karena biasanya orang dengan usia lanjut memiliki dukungan atau support lebih minim dibanding dengan yang lebih muda.

Kejadian besar

Peristiwa yang menyebabkan perubahan besar dalam hidup seseorang juga bisa menjadi penyebab munculnya depresi. Meskipun merupakan peristiwa bagus seperti memulai kerja di tempat baru, kelulusan, dan menikah dapat membuat seseorang mengalami depresi.

Biasanya tekanan dan stress dengan perubahan kehidupan dan lingkungan menjadi penyebab utama terjadinya depresi. Kejadian besar seperti kehilangan orang yang di sayang juga bisa menjadi faktor penyebab depresi pada seseorang.

Baca Juga: Diidap Musisi Billie Eilish, Kenali Penyakit Tourette Syndrome dan Penyebabnya

Trauma

Melansir dari laman Health Line, trauma masa kecil dapat mempengaruhi bagaimana tubuh bereaksi pada stress dan juga ketakutan yang dialami.

Hal tersebutlah yang kemudian bisa memicu potensi timbulnya depresi pada seseorang. Sebab rasa sakit dan ketakutan secara emosional dalam jangka waktu yang lama dapat memicu seseorang akan terserang depresi.

Kondisi medis

Beberapa kondisi medis juga bisa menjadi penyebab munculnya depresi. Seperti penyakit kronis, insomnia, Parkinson, stroke, serangan jantung, dan juga kanker dapat menjadi pemicu munculnya depresi.

Selain itu level hormon juga mempengaruhi potensi terserang depresi pada seseorang. Termasuk yang sedang berada pada orang-orang yang sedang mengalami PMS, Postpartum, dan juga menopause.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News