HOME, Santai

Diidap Musisi Billie Eilish, Kenali Penyakit Tourette Syndrome dan Penyebabnya

Diidap Musisi Billie Eilish, Kenali Penyakit Tourette Syndrome dan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Sindrom gangguan yang saat ini sedang banyak dibicarakan adalah Tourette Syndrome. Gangguan ini juga dialami oleh musisi sekaligus penyanyi Billie Eilish.

Tourette Syndrome sendiri menurut laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC) adalah kondisi yang mengganggu sistem saraf seseorang.

Penderita Tourette syndrome memiliki gejalanya sendiri yaitu tidak memiliki kontrol pada pergerakan tubuhnya dan menghasilkan tics secara tidak sadar.

Baca Juga: Mengenal Istilah Phubbing, Tanda, dan Cara Mengatasinya!

Tics merupakan satu gerakan tiba-tiba yang dibuat tanpa disadari oleh penderita Tourette syndrome.

Tics yang dilakukan bisa berupa gerakan, perilaku, atau suara yang dilakukan secara berulang kali dan tidak dapat memiliki kendali untuk menghentikan tics tersebut.

CDC juga menjelaskan bahwa tics yang ditimbulkan dari orang dengan Tourette syndrome memiliki beberapa jenis. Yaitu motor tics, vocal tics, simple tics, dan juga complex tics.

Motor tics melingkupi gerakan tubuh seperti mengedipkan mata, menggelengkan kepala, atau membuat gerakan lainnya.

Baca Juga: Stop Bermain Sosial Media! Ini 4 Efek Buruk dari Terlalu Banyak Bermain Sosial Media!

Vocal tics adalah ketika tics yang dilakukan menghasilkan suara seperti bersiul, batuk, berteriak, mengendus, dan bahkan mengumpat.

Simple tics adalah tanda Tourette syndrome yang dimana penderita melakukan gerakan simple sebagai ticsnya. Sedangkan complex tics adalah ketika seseorang dengan Tourette syndrome melakukan gerakan kompleks seperti perpaduan antara motor dan vocal tics.

Melansir dari laman Web MD, penyebab Tourette sysyndrom juga bermacam-macam. Ini termasuk masalah genetik,.

Namun, penderita Tourette syndrome memiliki gangguan pada bagian otak yaitu basal ganglia yang memiliki fungsi untuk mengontrol pergerakan tubuh.

Gangguan pada bagian otak ini merupakan salah satu penyebab munculnya Tourette syndrome pada seseorang.

Hal lain yang dapat memicu timbulnya tics pada penderita Tourette syndrome adalah stress, terlalu bersemangat, sakit, atau kelelahan bisa membuat kondisi menjadi semakin buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News