Santai

Awas Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah, Yogyakarta & Jawa Timur Selama Nataru

Awas Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah, Yogyakarta & Jawa Timur Selama Nataru

MOMSMONEY.ID - Potensi cuaca ekstrem siap melanda beberapa provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur, menurut prakiraan BMKG. Selama 21 Desember 2022-1 Januari 2023, ketiga provinsi ini perlu waspada. 

Prakiraan potensi cuaca ekstrem BMKG ini perlu diwaspadai karena berdampak pada peningkatan curah hujan.

Penyebabnya, ada peningkatan aktivitas Monsun, intensifikasi seruakan dingin Asia, pembentukan pusat tekanan rendah di wilayah perairan selatan Indonesia, dan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO).

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kamera di Laptop Menggunakan Google Chrome untuk Ujian Online

Fenomena MJO yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia terutama di bagian tengah dan timur. 

Begini prakiraan cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur

  • Prakiraan cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur selama 21-23 Desember 2022 berbasis dampak berada di level Potensi Siaga. 
  • Khusus pada 24 Desember 2022, potensi siaga dari prakiraan berbasis dampak perlu diwaspadai di sebagian wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 
  • Potensi hujan lebat dan sangat lebat berdasarkan prakiraan potensi cuaca ekstrem diprediksi terjadi pada 25 Desember 2022-1 Januari 2023 di Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

Adapun potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus di wilayah udara Indonesia, berkaitan dengan jalur penerbangan, memiliki presentase cakupan spasial lebih dari 75% selama 21-27 Desember 2022 di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Awan Cumulonimbus adalah awan yang terkait dengan keberadaan badai petir dan hujan lebat. Melansir Kompas, awan ini sering menjadi salah satu penyebab pesawat kecelakaan.  

BMKG juga memprediksi potensi gelombang laut tingga 4-6 meter di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah dan Samudera Hindia selatan Jawa Timur. 

Baca Juga: Mbappe Bukan Keturunan Indonesia, Ini Pemain Keturunan Indonesia di Piala Dunia

Masyarakat pengguna transportasi angkutan penyeberangan perlu meningkatkan kewaspadaan sebagai salah satu upaya adaptasi dan mitigasi kondisi tersebut. Anda juga perlu melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh. 

Demikian informasi prakiraan cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi selama 21 Desember 2022-1 Januari 2023 di Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News