Santai

Awas, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak

Awas, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak

MOMSMONEY.ID - Ternyata, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat laptop menjadi cepat rusak. Berikut ini diantaranya.

Jika tidak diberikan perhatian ekstra, laptop yang menjadi peralatan umum sehari-hari bisa mudah menjadi rusak.

Terkadang, tanpa disadari, hal-hal buruk kecil bisa juga menjadi penyebab laptop cepat rusak.

Nah, beberapa kebiasaan buruk berikut ternyata bisa menyebabkan laptop rusak, lo. Simak, ya.

Baca Juga: Sinopsis The First Responders, Drakor Action Thriller Terbaru Kim Rae Won

Sembarangan menyimpan

Laptop yang mudah dibawa ke mana-mana terkadang bisa menjadi mudah rusak jika menyimpannya dengan sembarangan. Kadang laptop hanya dimasukkan dalam tas tanpa memperhatikan posisi dan keamanannya.

Sebaiknya, gunakan tas pelindung laptop agar laptop bisa terhindar dari goncangan dan gesekan secara langsung dengan lantai atau permukaan lainnya.

Pergerakan cepat

Pergerakan laptop yang cepat dan terburu-buru juga menjadi kebiasaan buruk yang harus dihindari jika laptop tak ingin cepat rusak. Pergerakan yang spontan dan terburu-buru bisa menyebabkan kerusakan pada hard disk laptop, seperti dilansir dari laman Make Use Of.

SSD atau hard drive yang ada pada laptop masa kini dirancang tanpa ada komponen penjaga dari guncangan. Sehingga, SSD menjadi rentan mengalami goncangan dan rentan rusak jika dilakukan secara terus-menerus.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Laptop Terhindar dari Overheat, Bisa Dilakukan Sendiri

Overheat

Laptop yang terlalu panas juga bisa memicu kerusakan dalam jangka panjang. Overheat bisa disebabkan karena banyak hal. Beberapa diantaranya adalah karena penggunaan program yang terlalu berat, kurangnya sirkulasi udara, dan jarang dibersihkan.

Maka dari itu, cobalah untuk mulai memperhatikan kondisi laptop agar terhindar dari overheat dengan tepat.

Jarang dibersihkan

Tak hanya bisa menyebabkan laptop overheat, laptop yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi pemicu kerusakan laptop lainnya. Debu dan kotoran bisa lengket pada permukaan komponen yang menyebabkan kerja komponen menjadi terganggu.

Laman VOI juga menyarankan agar membersihkan komponen dan juga layar laptop setidaknya seminggu sekali.

Browsing sembarangan

Browsing sembarangan juga bisa menyebabkan laptop mudah rusak. Sebab, laman web yang tidak terpercaya bisa saja digunakan untuk menanam virus yang langsung masuk ke dalam software laptop.

Maka dari itu, cobalah untuk melakukan browsing pada laman terpercaya dan melengkapi dengan anti virus atau melakukan update software secara rutin.

Nah, itulah tadi adalah penyebab laptop menjadi mudah rusak. Hindari kebiasaan buruk tersebut untuk menjaga laptop agar lebih awet dan tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News