Santai

5 Cara Mudah Laptop Terhindar dari Overheat, Bisa Dilakukan Sendiri

5 Cara Mudah Laptop Terhindar dari Overheat, Bisa Dilakukan Sendiri

MOMSMONEY.ID - Apakah laptop yang digunakan bekerja sering panas atau overheat? Berikut ini beberapa cara agar laptop terhindar dari overheat.

Laptop merupakan perangkat paling sering digunakan dalam kehidupan masa kini yang semakin maju.

Hampir semua kegiatan membutuhkan peran laptop untuk menunjang proses kehidupan, seperti bekerja, menonton film, belanja, membaca berita, dan bahkan browsing internet.

Menggunakan laptop pun ternyata tak boleh sembarangan. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan laptop agar terhindar dari kerusakan karena overheat atau terlalu panas.

Baca Juga: 5 Cara Melindungi Kulit dari Bahaya Blue Light yang Dipancarkan Gadget

Nah, agar laptop terhindar dari overheat, coba gunakan cara berikut, yuk:

Gunakan alas meja

Ada baiknya untuk menggunakan laptop pada alas yang datar dan memudahkan udara pada laptop berganti, seperti meja tentunya.

Hindari menggunakan laptop pada alas yang membuat udara sirkulasi laptop menjadi susah seperti di kasur maupun bantal.

Bersihkan secara rutin

Membersihkan laptop secara rutin juga disarankan oleh laman Tech Guided, untuk menjaga kondisi laptop dari risiko overheat.

Debu dan kotoran yang terperangkap dalam saluran sirkulasi dalam laptop bisa menghalangi proses sirkulasi laptop. Hingga akhirnya, risiko laptop rentan mengalami overheat pun bisa terjadi.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Tiktok Sendiri dengan Mudah, Simak Tips Berikut biar Viral!

Menggunakan laptop cooler

Peralatan yang satu ini bisa digunakan untuk menjaga kondisi laptop tetap dingin dan terhindar dari overheat.

Cara penggunaannya pun juga mudah, yaitu hanya dengan meletakkan laptop cooler pada bagian bawah laptop sebagai alas. Selain itu, produk ini pun juga telah banyak dijual secara online maupun offline.

Hindari dari program berat

Hindari menggunakan program, aplikasi, atau web yang membutuhkan usaha keras dari laptop untuk bekerja lebih keras.

Dilansir dari laman Bussiness Insider, menggunakan program yang melebihi limit kerja dari CPU pada laptop bisa membuat laptop menjadi cepat panas.

Pengecekan rutin

Selain membersihkan laptop, pengecekan laptop seperti pengecekan baterai atau charger laptop dan kipas laptop juga harus rutin dilakukan.

Perangkat keras pada laptop bisa saja perlu untuk diganti yang baru karena tidak mampu untuk bekerja maksimal seperti pada kondisi awal. Yang tentunya, bisa memengaruhi limit kerja dari CPU laptop.

Itulah, beberapa cara agar laptop terhindar dari kondisi overheat atau terlalu panas yang sering menjadi penyebab laptop rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News