Keluarga

5 Cara Melindungi Kulit dari Bahaya Blue Light yang Dipancarkan Gadget

5 Cara Melindungi Kulit dari Bahaya Blue Light yang Dipancarkan Gadget

MOMSMONEY.ID - Jangan dilewatkan, ini 5 cara melindungi kulit dari bahaya blue light yang dipancarkan gadget.

Kebiasaan menatap layar gadget dalam waktu lama bisa memberikan efek negatif bagi kulit lho.

Pasalnya, gadget dapat memancarkan blue light atau sinar biru penyebab berbagai permasalahan termasuk penuaan dini dan kanker kulit.

Kendati pekerjaan yang berbasis teknologi tidak dapat dihindari, namun Anda tetap bisa melakukan upaya perlindungan untuk mengurangi efek blue light bagi kulit.

Dilansir dari BeBeautiful, inilah 5 cara melindungi kulit dari bahaya blue light yang dipancarkan gadget.

Baca Juga: Pahami Penyebab Serta Cara Mengatasi Komedo dan Sebacous Filaments di Sini

1. Makan makanan tinggi antioksidan

Paparan blue light dari gadget dapat merangsang produksi radikal bebas pada kulit. Akibatnya, tanda-tanda penuaan akan muncul lebih cepat jika kulit Anda terus terpapar blue light sementara Anda tidak melindunginya.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk makan makanan kaya antioksidan seperti alpukat, kenari, tomat, dan lain sebagainya.

Saat Anda rajin makan makanan tinggi antioksidan, itu akan membatasi produksi radikal bebas sekaligus mengurangi kerusakan dan penuaan pada kulit.

2. Pakai pelembab ber-SPF

Pastikan Anda tidak lupa untuk menggunakan sunscreen atau pelembab yang mengandung SPF. Hal ini penting untuk memberikan proteksi bagi kulit Anda dari paparan blue light yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti laptop atau komputer yang Anda gunakan sehari-hari.

Selalu ingat untuk mengoleskan pelembab yang diinduksi SPF setiap 2 jam sekali karena blue light dapat membahayakan kulit sama halnya dengan sinar UV dari matahari.

Sangat direkomendasikan juga bagi Anda untuk menggunakan produk yang mengandung formula anti-aging guna melindungi kulit dari penuaan dini akibat paparan blue light yang terus-menerus.

3. Cuci muka secara teratur

Partikel radikula dari blue light dapat mencapai wajah dengan lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya. Pasalnya, posisi wajah dinilai paling dekat dengan layar tatkala Anda membuka gadget.

Jadi, setelah menggunakan gadget dalam waktu lama, pastikan Anda tidak lupa untuk mencuci muka guna menghilangkan radikal bebas yang menempel pada kulit wajah.

Yang tidak kalah penting, sering-seringlah beristirahat untuk mengurangi ketegangan pada mata saat Anda harus menggunakan gadget selama berjam-jam.

Baca Juga: 5 Herbal Terbaik untuk Merawat dan Mengurangi Peradangan Kulit Akibat Eksim

4. Aplikasikan pelembab berbasis air

Panas dari pancaran layar gadget dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Sehingga, Anda perlu mengisi kembali kadar kelembaban kulit yang telah berkurang.

Selain rajin minum air putih setidaknya 2 liter per hari, Anda juga bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dengan rutin mengoleskan pelembab pada wajah Anda. Adapun jenis pelembab terbaik yang dapat Anda pilih yakni pelembab berbahan dasar air atau water based. Tak hanya menutrisi, pelembab berbasis air juga akan menghidrasi kulit Anda dengan lebih baik.

5. Gunakan pelindung laptop

Sebisa mungkin, gunakanlah pelindung reflektor terutama jika Anda harus menggunakan laptop dalam waktu yang tidak sebentar.

Sesuai namanya, pelindung ini akan bertindak sebagai penghalang antara kulit Anda dan layar laptop untuk mengurangi dampak panas dan blue light.

Demikian 5 cara melindungi kulit dari bahaya blue light yang dipancarkan gadget. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News