HOME, Bugar

Aturan Diet Karnivora Agar Mendapatkan Berat Tubuh Ideal

Aturan Diet Karnivora Agar Mendapatkan Berat Tubuh Ideal

MOMSMONEY.ID - Diet karnivora adalah diet ketat yang hanya mencakup daging, ikan, dan makanan hewani lainnya, seperti telur dan produk susu tertentu.

Semua makanan lain, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan tidak termasuk dalam diet ini.  

Para pendukung diet karnivora juga merekomendasikan untuk menghindari atau membatasi asupan susu pada makanan yang rendah laktosa seperti mentega dan keju keras. 

Dilansir dari Healthline, diet karnivora diklaim dapat membantu penurunan berat badan, meningkatkan suasana hati dan regulasi gula darah.

Baca Juga: Mengecilkan Perut Buncit dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Namun, diet karnivora ini juga memiliki manfaat yang bisa didapatkan, seperti berikut ini. 

1. Menurunkan berat badan

Diet karnivora diyakini bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal inilah yang kemudian dapat menurunkan berat badan ketika melakukan diet ini.

Karena saat menjalani diet karnivora, Anda tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti biskuit, kue, permen, dan pasta. 

2. Mengurangi risiko depresi

Pada beberapa orang, diet karnivora diyakini memiliki efek untuk mengurangi keluhan dan gejala psikis yang mereka alami seperti depresi dan kecemasan.  

Baca Juga: Lakukan Diet Apel yang Tepat, Berat Badan Turun dalam 5 Hari

Namun. para ahli telah sepakat bahwa diet karnivora termasuk pola diet yang sangat kontroversial dibandingkan diet rendah karbohidrat lainnya dan memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukan diet karnivora. 

1. Kelelahan

Diet karnivora memiliki kekurangan yaitu rang yang diet mudah mengalami kelelahan jika diet ini dilakukan dalam jangka panjang, karena tidak ada tambahan asupan dari buah dan sayuran sama sekali 

2. Kadar Folat dan Serat Rendah

Hasil pemeriksaan laboratorium orang yang menjalani diet karnivora biasanya normal, kecuali kadar folat yang sangat rendah.

Folat atau vitamin B9 adalah vitamin esensial dalam jumlah tinggi dalam sayuran hijau, kuning telur, avokad, dan kacang-kacangan. 

Journal of the International Society of Sports Nutrition, mengikuti diet ketat seperti diet karnivora bisa menyebabkan kekurangan nutrisi penting yang harusnya didapatkan dari sayuran atau buah-buahan. 

3. Tinggi Lemak, Sodium, dan Kolesterol

Dilansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol jahat yang dapat memicu penyakit jantung.

Sebagian besar pakar diet tidak merekomendasikan diet karnivora kepada pasien, karena tidak ada bukti penelitian konkret yang mendukungnya.  

Sebelum memulai diet ini lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah diet ini cocok dilakukan.

Selanjutnya: Tergolong Super Food, Buah Naga Bisa Menurunkan Berat Badan hingga Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News