Lakukan Diet Apel yang Tepat, Berat Badan Turun dalam 5 Hari

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 11 Oktober 2021 | 11:33 WIB
Lakukan Diet Apel yang Tepat, Berat Badan Turun dalam 5 Hari

ILUSTRASI. Lakukan Diet Apel yang Tepat, Berat Badan Turun dalam 5 Hari

MOMSMONEY.ID - Buat Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk mengurangi makan makanan berlemak dan memperbanyak makan buah-buahan yang kaya akan nutrisi, tetapi rendah kalori.

Tidak hanya dapat mengurang risiko berbagai penyakit, apel ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, apel dijadikan camilan yang wajib konsumsi saat sedang diet. 

Sebab, apel mengandung 0 persen kolesterol dan lemak total. Selain itu, apel juga dapat memberikan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat. Berikut ini tiga alasan apel cocok untuk diet.

Baca Juga: Tergolong Super Food, Buah Naga Bisa Menurunkan Berat Badan hingga Darah Tinggi

1. Kaya akan serat

Sebuah apel berukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut memenuhi 16 persen dari asupan serat yang direkomendasikan untuk wanita dan 11 persen untuk pria.

Jumlah serat tersebut sangat tinggi mengingat kandungan kalorinya yang rendah. Hal ini membuat apel sangat baik untuk membantu memenuhi asupan serat yang direkomendasikan.

2. Kepadatan kalori yang rendah

Apel memiliki kandungan air yang tinggi. Bahkan, apel berukuran sedang terdiri dari sekitar 86 persen air. Makanan yang kaya air cukup mengenyangkan, sehingga seringkali menyebabkan berkurangnya asupan kalori.

3. Mengenyangkan

Kombinasi air dan serat dalam apel membuatnya sangat mengenyangkan. Dalam sebuah studi, apel ditemukan secara signifikan lebih mengenyangkan daripada saus apel atau jus apel ketika dikonsumsi sebelum makan. 

Baca Juga: Manfaat Blueberry, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Berikut adalah cara diet apel yang benar, jika Anda ingin mendapatkan berat ideal.

1. Hari pertama

Anda harus mengonsumsi apel sekitar 1 sampai 1/5 kg apel. Pada hari pertama Anda masih diperbolehkan untuk makan pagi, siang dan malam.

2. Hari kedua

Anda dapat mencampurkan apel dengan beberapa sayur seperti wortel dan buah bit yang diolah menjadi salad untuk makan siang dan sore. Jangan lupa untuk menambahkan minyak zaitun ke dalamnya.

3. Hari ketiga

Untuk menu sarapan, Anda bisa menyantap 1 apel, 1 roti dan telur rebus. Makan siangnya, bisa mengonsumsi 1 apel dan secangkir yogurt. Kemudian, malam harinya bisa menyantap 1 buah apel dan juga brokoli.

4. Hari keempat

Hampir sama dengan menu hari ketiga. Anda hanya perlu menambahkan beberapa sayuran sehat dan juga mengonsumsi sup seledri. 

Efek  mengenyangkan dari apel dapat mengurangi nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan.

Selanjutnya: 3 Gerakan Yoga yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Editor: Helvana Yulian
Terbaru