HOME, Santai

Aquascape, Konsep Menarik Pelihara Ikan dan Tanaman Sekaligus

Aquascape, Konsep Menarik Pelihara Ikan dan Tanaman Sekaligus

MOMSMONEY.ID - Akuarium secara umum adalah tempat memelihara ikan. Namun, bukan berarti hanya ikan saja yang bisa dipelihara di akuarium. Biota laut lain seperti penyu, kuda laut, karang, hingga tanaman laut juga bisa dipelihara di akuarium.

Anda dapat mengatur konsep ini dengan aquascape. Dilansir dari wikipedia.org, aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik.

Wadah ini dapat berbentuk kotak kaca atau bentuk lain yang serupa dengan akuarium. Kendati demikian, aquascape berbeda dengan akuarium.

Baca Juga: Tips Merawat Ikan Cupang Agar Berumur Panjang

Secara harfiah, aquascape adalah akuarium yang didekorasi. Akan tetapi, yang menjadi fokus utama dalam perawatan ini tak hanya ikan, tetapi seluruh ekosistem yang ada di dalam wadah. Baik itu tanaman, bebatuan, maupun elemen lain yang hidup di dalamnya.

Jika akuarium biasa menggunakan tanaman palsu, dalam aquascape tanaman yang digunakan merupakan tanaman hidup yang membentuk sebuah mikroekosistem air. Ikan yang dipelihara pun juga tak boleh sembarangan.

Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengisi ikan agar sesuai dengan mikroekosistem yang dibangun di dalam aquascape tersebut.

Misalnya, ekosistem yang ingin dibangun adalah ekosistem air tawar. Jadi, semua jenis-jenis ikan dan jenis-jenis tumbuhan yang dapat digunakan dalam aquascape hanyalah yang berasal dari air tawar saja. Begitu pun sebaliknya untuk ekosistem air laut.

Baca Juga: Manfaat Kuning Telur, Makanan Burayak Ikan Cupang

Selain itu, mempertimbangkan elemen lain seperti batu dan kayu juga tak bisa asal dimasukkan. Masing-masing haruslah masuk dalam ekosistem yang telah dipilih berdasarkan karakternya.

Dilansir dari thesprucepets.com, beberapa kayu dapat menyerap tanin di dalam air yang mungkin dapat bermanfaat untuk tanaman dan ikan. Tanin dapat berdampak langsung pada kH dan pH tangki Anda.

Perpaduan yang harmonis dari seluruh ekosistem yang dibangun dalam aquascape akan menciptakan keindahan. Ini memang tujuan dari aquascape yang fokus pada nilai estetika dekorasinya. Maka, dibutuhkan ketelitian untuk memilih dan memelihara seluruh komponen yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami Ikan Hias

Perawatan aquascape ini bergantung dengan gaya aquascape yang Anda pilih. Gaya hutan dan alam membutuhkan perawatan yang lebih sedikit.

Namun, akan sedikit repot jika Anda memelihara terlalu banyak tanaman air karena ikan yang berukuran kecil akan sering bersembunyi. Ini membuat Anda sedikit sulit membersihkan.

Umumnya, merawat aquascape yang terpenting adalah membuang tanaman yang mati, memangkas tanaman agar sesuai dengan nilai estetika yang diinginkan, mempertahankan kualitas air yang baik untuk tanaman dan ikan, serta menyedot debu ringan dari substrat.

Jika Anda ingin memulai aquascape, mulailah dengan bagian kecil dari akuarium Anda dan jelajahi gaya yang berbeda setiap waktu. Aquascape akan mudah dirawat dengan elemen minimal dan desain khusus.

Selanjutnya: Ini Alasan Ikan Hias Mati Mendadak di Akuarium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News