HOME, Keluarga

Tips Merawat Ikan Cupang Agar Berumur Panjang

Tips Merawat Ikan Cupang Agar Berumur Panjang

MOMSMONEY.ID - Ikan cupang umumnya dapat hidup selama 3 hingga 5 tahun. Namun, Anda perlu memberikan perawatan yang tepat untuk ikan cupang. Hanya fokus memberikan makan saja tak menjamin ikan dapat berumur panjang. Selain itu, perawatan yang asal juga akan menyebabkan kerusakan pada sirip dan ekor ikan. Padahal sirip dan ekor ikan cupang adalah letak keindahannya.

Nah, untuk itu, berikut ini adalah cara merawat ikan cupang agar ikan cupang panjang umur. Selain berumur panjang, perhatian pada kebersihan juga akan membuat sirip dan ekor ikan tetap indah.

Baca Juga: Axolotl, Hewan Amfibi Lucu Asal Meksiko yang Selalu Tersenyum

Pentingnya Akuarium

Sebelum memiliki ikan, lebih baik Anda mempersiapkan akuarium untuk tempat tinggal ikan cupang. Anda dapat menggunakan akuarium yang kecil dengan ukuran 20x15x15 cm atau 30x15x20 cm. Akuarium yang kecil lebih memudahkan Anda untuk membersihkannya. Selain itu, Anda dapat menaruh batu kerikil di dasar akuarium. Batu akuarium ini bermanfaat membuat habitat ikan menjadi lebih sehat.

Anda juga dapat menambahkan peralatan lain yang diperlukan untuk membuat ikan cupang Anda lebih nyaman. Misalnya, pemanas dengan termostat karena ikan cupang menyukai suhu air antara 24-27 derajat celcius. Alat filter air juga diperlukan untuk menyaring kotoran yang dapat mencemari air lebih cepat.

Untuk setiap satu akuarium, hanya boleh diisi oleh satu ikan cupang. Sebab, ikan cupang adalah ikan yang agresif terhadap ikan lain.  Rutin membersihkan akuarium juga harus dilakukan untuk menjaga ekor dan sirip ikan tetap sehat.

Air yang Digunakan

Memperhatikan air yang digunakan juga berpengaruh pada keberlangsungan hidup ikan cupang. Air yang digunakan dapat berupa air sumur atau PAM. Namun, Anda perlu mengendapkan air sebelum akhirnya ditempati oleh ikan. Ini berguna untuk menetralkan air dari berbagai zat kimia di dalamnya. Namun, Anda juga dapat memberikan kondisioner air seperti Primer sebelum memasukkan air keran ke dalam akuarium.

Dilansir dari Wikihow.com, menggunakan air mineral botolan bukanlah ide yang baik karena menghalangi cupang untuk mendapatkan mineral yang diperlukan dan tidak aman untuk cupang. Air keran yang sudah diolah adalah alternatif yang lebih baik dan murah.

Baca Juga: Jenis Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang Peliharaan Anda

Pemilihan Makanan untuk Ikan Cupang

Ikan cupang umumnya memakan pelet khusus untuk ikan cupang. Anda dapat menemukannya di toko khusus ikan hias. Namun, Anda perlu memeriksa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pakannya. Utamanya, makanan ikan cupang harus berbahan dasar protein paling tidak 40%. Cacing darah beku atau dikeringkan juga aman diberikan untuk ikan cupang.

Pemberian makan ikan cupang cukup diberikan sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Berikan secara rutin setiap hari. Anda juga tak perlu memberikan makanan yang berlebihan. Sebab, kelebihan makanan akan membuat ikan cupang tak akan memakannya dan makanan tersebut akan mengendap menjadi kotoran di akuarium.

Selanjutnya: Tanda-Tanda Ikan Cupang akan Mati dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News