Keluarga

Apakah Anda Perlu Memisahkan Jenis Baju Saat Mencuci? Ini Jawabannya

Apakah Anda Perlu Memisahkan Jenis Baju Saat Mencuci? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Jika Anda pernah menemukan baju putih terkena lunturan jeans berwarna biru, mungkin ini saatnya Anda harus memisahkan jenis baju saat mencuci. 

Melansir Real Simple, memisahkan baju saat mencuci berdasarkan warna, jenis kain, dan tingkat kekotoran akan memperpanjang masa pakai cucian Anda.

P&G Senior Scientist for Tide Jessica Zinna juga menyarankan Anda untuk memisahkan cucian sebisa mungkin untuk menjaga penampilan kain atau baju. 

Baca Juga: Apakah Cuka dan Pemutih Baik untuk Membersihkan Mesin Cuci?

Memisahkan baju saat mencuci bisa menghindari kelunturan

Dr Laundry Scientist Mary Gagliardi juga mengatakan, menyortir cucian adalah strategi yang baik untuk mendapatkan hasil cucian yang baik.

Mencuci baju dengan warna gelap dan terang secara bersamaan membuat peluang besar baju terang Anda akan kelunturan. 

Memisahkan baju saat mencuci bisa mencegah baju jadi kotor

Apabila Anda hanya mencuci pakaian gelap saja, kemungkinan terkena lunturan warna akan sedikit. Sebab, meski ada warna baju yang menempel ke baju lainnya, itu tidak akan begitu terlihat. 

Baca Juga: Ini 10 Kesalahan Dalam Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci , Apa Saja Ya?

Nah, dengan dua alasan di atas, penting bagi Anda untuk memisahkan jenis baju saat mencuci jika memungkinkan. Lalu bagaimana caranya?

Cara memisahkan cucian baju, urutan, dan pengelompokannya

1. Mulai dengan membaca label pada baju

Cara ini akan sangat membantu saat Anda memiliki baju baru. Biasanya, pada baju ada petunjuk cara mencucinya. Mulai dari suhu air, jenis siklus mesin cuci yang dipilih dan temperatur untuk mengeringkan.

Selalu pisahkan baju yang bisa dicuci dengan mesin cuci dan jenis baju yang cukup hanya dicuci dengan metode dry clean.

2. Pisahkan warnanya

Setelah Anda memisahkan baju yang cukup dengan metode dry-clean, lihat baju yang bisa dicuci dengan mesin cuci. Sekarang pisahkan cucian Anda sesuai dengan warnanya.

Warna pastel, putih dan abu-abu terang menjadi satu kelompok. Sedangkan warna biru navy, coklat, abu-abu gelap, hitam dan merah dipisahkan dari warna-warna terang lainnya. 

Baca Juga: Begini Cara Menjaga Handuk Tetap Wangi Setelah Digunakan

3. Pisahkan berdasarkan jenis kain

Cara memisahkan cucian adalah dengan memisahkan jenis kainnya. Setelah Anda memisahkan berdasarkan warna, perhatikan jenis kainnya. Pisahkan baju berbahan jeans dan katun dengan kain sintetirs atau kain tipis lainnya. 

Bahan baju yang tipis bisa Anda cuci dengan kantong cucian sebelum dimasukkan ke mesin cuci. Pisahkan juga katun yang menghasilkan banyak serat dengan pakaian Anda dan kain mikrofiber untuk mengurangi serat menempel. 

4. Pisahkan baju yang sangat kotor

Jika Anda memiliki baju yang sangat kotor, pisahkan dari bau lainnya. Pastikan baju yang sangat kotor ini tidak Anda cuci bersamaan dengan baju lainnya. Sebab, kotoran bisa mengendap ke baju yang tidak begitu kotor. 

Demikian alasan pentingnya Anda mencuci pakaian secara terpisah berdasarkan jenis kain, warna, dan tingkat kekotoran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News