Keluarga

Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menambah Daya Listrik?

Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menambah Daya Listrik?

MOMSMONEY.ID - Coba cek peralatan rumah tangga Anda saat ini. Apakah banyak yang menggunakan listrik? Umumnya, alat rumah tangga saat ini semakin banyak yang tergantung pada daya listrik. Sebut saja komputer, blender, AC, kulkas dan microwave. 

Banyaknya kebutuhan rumah tangga yang menggunakan listrik, membuat beban listrik semakin besar. Jika daya listrik terpasang di rumah tidak kuat, akibatnya akan terjadi konslet. Jika sering terjadi, rumah memiliki risiko yang cukup besar terjadi kebakaran. Namun, biaya penambahan daya memang tidak murah. Maka dari itu Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan. 

Melansir rumah.com, berikut beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan menambah daya listrik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang Freeze Tanpa Makan Waktu, Coba Tips Ini!

Apakah rumah sering terjadi konslet mendadak?

Jika rumah Anda sering terjadi konslet mendadak, bisa jadi karena daya listrik terpasang sudah tidak mampu menanggung beban penggunaan listrik. Apalagi jika memang banyak peralatan elektronik terpasang seperti AC menyala, kulkas dan pompa air yang menyala. Jika kasusnya demikian, Anda sebaiknya menaikan daya listrik di rumah. 

Rencana menambah elektronik baru di rumah

Sebelum membeli alat elektronik baru, Anda sebaiknya melihat berapa besar daya yang dibutuhkan. Sesuaikan dengan listrik di rumah. Jika barang tersebut sangat penting dan daya listrik di rumah tidak mencukupi, maka sebaiknya menambah daya listrik baru. 

Baca Juga: Punya Gaji 4 Juta, Bisa Cicilan KPR Rumah Harga Berapa, Ya?

Rencana membuka usaha di rumah

Beberapa rumah tangga banyak melakukan bisnis rumahan seperti membuka toko kelontong, rumah makan, coffee shop hingga laundry. Bebrapa bisnis tersebut membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Jika Anda akan membuka bisnis rumahan sebaiknya menambah daya listrik, khusus untuk bisnis. Sebab tarif per kWh yang ditawarkan juga lebih murah jika dibandingkan untuk rumah tangga biasa. 

Waktu bekerja di rumah yang menggunakan alat elektronik

Pandemi Covid-19 banyak mengubah gaya bekerja masyarakat. Jika saat ini Anda lebih banyak bekerja di rumah dengan laptop atau komputer, sebaiknya Anda menambah daya listrik di rumah. Hal ini tentu untuk meningkatkan kenyamanan bekerja maupun sekolah dari rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News