Santai

Cara Mengatasi Laptop Hang Freeze Tanpa Makan Waktu, Coba Tips Ini!

Cara Mengatasi Laptop Hang Freeze Tanpa Makan Waktu, Coba Tips Ini!

MOMSMONEY.ID - Solusi laptop hang freeze sebenarnya cukup mudah. Laptop yang mengalami masalah hang atau freeze dapat terjadi karena kebiasaan pengguna yang kurang baik.

Namun, tak hanya karena kebiasaan buruk. Laptop hang atau freeze juga bisa terjadi karena faktor internal laptop itu sendiri. Misalnya kerusakan pada program, driver rusak, file sistem bermasalah hingga overheating.

Lalu, bagaimana solusi laptop hang freeze? Nah, berikut solusi laptop yang mengalami hang atau freeze.

Pindai Virus

Cobalah untuk memindai virus menggunakan scan anti virus yang ada di laptop. Untuk laptop dengan sistem operasi windows umumnya terdapat pada windoes security.

Nantinya di sana terdapat fitur scan file untuk memudahkan kamu mencari file yang berbhaya sehingga membuat laptop hang atau freeze.

Baca Juga: Bisa Kurangi Tagihan, Ini Cara Simpel Hemat Listrik di Rumah!

Update Windows

Cara download Windows 11 preview

Solusi lain untuk mengatasi laptop hang atau freeze yaitu dengan cara memperbarui atau update windows. Cara ini dilakukan apabila terjadi eror pada windows atau driver.

Sebab, umumnya update windows akan otomatis memperbarui driver jika terjadi update. Selain itu windows update juga akan memberikan fitur terbaru, perbaikan bugs dari versi sebelumnya, peningkatan performa, stabilitas dan keamanan.

Baca Juga: Promo Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale, Ada Diskon 77% Plus Gratis Ongkir Rp0!

Refresh VGA

Solusi ini disebut ampuh untuk mengatasi masalah laptop hang atau freeze. Cara ini sangat mudah dilakukan tanpa harus membutuhkan waktu yang lama. Kamu bisa melakukan refresh VGA Card.

Untuk melakukan refresh VGA Card, kamu cukup menekan Windows + CTRL + Shift + B pada keyboard laptop. Setelah itu, masalah laptop hang atau freeze akan teratasi dengan cepat dan mudah. Layar laptop akan berkedip lalu  dapat dioperasikan secara normal.

Nah itu tadi solusi laptop hang freeze yang mudah dilakukan secara singkat. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News