Keluarga

Apa Saja Aksesori yang Wajib Ada di Meja Kerja? Ini Rekomendasinya

Apa Saja Aksesori yang Wajib Ada di Meja Kerja? Ini Rekomendasinya

MOMSMONEY.ID - Sejak pandemi, keberadaan area atau meja khusus untuk bekerja di rumah tampaknya sudah menjadi suatu keharusan. Bahkan, saat banyak kantor yang sudah mulai menerapkan kebijakan WFO atau work from office, kebutuhan akan meja kerja di rumah masih cukup tinggi.

Bekerja di rumah memang menawarkan beberapa kelebihan, seperti tidak perlu menghabiskan waktu pulang-pergi ke kantor. Namun, ada pula kekurangannya, yaitu batas antara wilayah personal dan pekerjaan yang kabur dan membuat banyak orang sulit fokus saat bekerja di rumah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa melengkapi meja kerja di rumah dengan berbagai aksesoris yang dapat membantu produktivitas saat bekerja.

Aksesoris apa sajakah yang sebaiknya ditambahkan pada home office? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Promo Informa Juli 2022, Beli Meja dan Kursi Belajar Minimalis Diskon 50%!

Keyboard dan mouse wireless

Aksesoris elektronik seperti keyboard dan mouse kerap membuat meja kerja terlihat berantakan karena keberadaan kabel-kabel yang terpasang di sana-sini. Untuk menghindari kesan berantakan tersebut, laman Rolling Stone menyarankan Anda untuk menggunakan keyboard dan mouse wireless yang praktis dan mudah digunakan.

Speaker kecil

Apakah Anda termasuk orang yang suka bekerja sambil mendengarkan musik? Jika ya, coba pertimbangkan untuk menambahkan speaker kecil di atas meja kerja, baik speaker berkabel ataupun wireless. Mendengarkan musik saat bekerja dapat membantu meningkatkan mood dan memperbaiki fokus serta produktivitas.

Earphone, headset, atau headphone

Jika lingkungan di rumah atau sekitar rumah Anda tergolong berisik sehingga mengusik konsentrasi, coba menggunakan earphone, headset, atau headphone dengan fitur noise-cancelling yang dapat meredam suara di sekitar Anda. Fitur noise-cancelling tersebut dapat membantu Anda lebih fokus saat bekerja karena minim suara yang mengganggu.

Baca Juga: Tips Menata Meja Belajar Anak, Makin Semangat Belajar di Rumah

Lampu meja

Keadaan meja kerja yang suram dan gelap tentu dapat menghambat produktivitas saat bekerja dan rentan membuat mata lelah. Mengutip laman Autonomus, sebaiknya gunakan lampu meja khusus dengan bodi atau kepala yang dapat diatur sehingga bisa diarahkan ke hal yang sedang Anda kerjakan. Selain membantu fokus, lampu meja juga dapat membuat meja kerja terasa cerah.

Desk organizer

Selain kabel-kabel yang menjuntai, salah satu penyebab utama meja kerja terlihat berantakan adalah keberadaan barang-barang seperti alat tulis dan berkas kantor yang berceceran. Supaya meja kerja terlihat lebih rapi, coba tambahkan berbagai jenis desk organizer seperti wadah alat tulis, wadah klip kertas, hingga box file untuk menyimpan berkas-berkas pekerjaan.

Dudukan ponsel

Dudukan ponsel atau phone stand dapat menjadi tambahan aksesoris yang berguna jika Anda sering mengecek ponsel sambil bekerja. Dudukan ponsel akan membantu ponsel Anda berdiri tegak, sehingga Anda tidak harus sering-sering mengangkat ponsel hanya untuk melihat layarnya.

Gelas atau botol minum

Kurang minum saat bekerja bisa mengakibatkan dehidrasi, sehingga mengganggu fokus. Untuk mengatasinya, Anda bisa meletakkan gelas atau botol minum khusus di atas meja kerja. Jika Anda suka minum minuman panas, coba gunakan gelas atau botol minum model termos yang bisa menjaga suhu minuman Anda.

Itulah beberapa aksesoris yang dapat melengkapi home office dan membantu produktivitas saat bekerja. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News