Keluarga

Tips Menata Meja Belajar Anak, Makin Semangat Belajar di Rumah

Tips Menata Meja Belajar Anak, Makin Semangat Belajar di Rumah

MOMSMONEY.ID - Momen tahun ajaran baru biasanya diisi dengan membeli berbagai perlengkapan sekolah, mulai dari tas, sepatu, alat tulis, bahkan membeli meja dan kursi belajar baru untuk menunjang kegiatan belajar di rumah.

Selain membeli perlengkapan sekolah yang baru, area belajar di rumah juga perlu ditata dengan baik supaya anak bisa belajar di rumah dengan semakin nyaman dan semangat.

Pada dasarnya, menata meja belajar anak hampir sama dengan menata meja kerja untuk orang dewasa. Bedanya, Anda bisa menambahkan satu-dua hal yang mencerminkan kepribadian si anak sehingga meja belajar terlihat makin ceria dan personal.

Jadi, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk menata meja belajar anak? Dirangkum dari Her World dan Swirlster NDTV, berikut tipsnya.

Baca Juga: Promo Informa Juli 2022, Beli Meja dan Kursi Belajar Minimalis Diskon 50%!

Hiasi dinding di sekeliling meja belajar

Biasanya, meja belajar ditempatkan menghadap dinding. Supaya dinding tersebut tidak kosong dan terlihat membosankan, coba ajak anak Anda untuk menghiasnya dengan berbagai dekorasi yang ia sukai.

Misalnya, pasang foto-foto mereka dengan sahabatnya, tempelkan kutipan yang memotivasi, atau menambahkan papan styrofoam atau corkboard untuk menempelkan beberapa catatan, misalnya pengingat PR.

Tambahkan lampu belajar yang lucu

Lampu belajar adalah salah satu hal yang sebaiknya ada di meja belajar. Selain membantu menerangi area belajar dan membuat anak makin produktif, lampu belajar juga bisa berfungsi sebagai dekorasi yang apik.

Oleh karena itu, Anda bisa memilihkan lampu belajar dengan desain yang unik. Saat ini, ada banyak sekali lampu belajar dengan berbagai desain yang bisa dipilih sesuai selera si anak, mulai dari desain yang minimalis hingga menggemaskan.

Segarkan suasana dengan tanaman hias

Jika anak Anda suka dengan tanaman hias, cobalah untuk menambahkan tanaman hias dalam pot kecil di atas meja belajarnya. Tanaman hias akan membantu menghidupkan suasana dan membuat area belajar tampak segar.

Sebaiknya, pilihlah jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan, misalnya lidah mertua, sukulen, atau kaktus. Bahkan, Anda bisa menambahkan vas berisi bunga segar jika si anak suka.

Baca Juga: Trik Memilih Meja Belajar yang Tepat untuk Anak, Pas untuk Tahun Ajaran Baru!

Tambahkan tempat penyimpanan

Supaya rapi, meja belajar perlu dilengkapi dengan berbagai tempat penyimpanan, misalnya rak, kontainer, box file, tempat pensil, dan lain-lain.

Jadi, pilihlah jenis tempat penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Sebagai contoh, tempatkan box atau map file untuk menyimpan dokumen sekolah, tempat pensil untuk meletakkan alat-alat tulis, hingga rak ambalan untuk meletakkan buku pelajaran.

Hiasi dengan dekorasi warna-warni

Berbeda dengan orang dewasa yang cenderung menyukai warna sederhana dan netral, anak-anak umumnya menyukai hal yang berwarna-warni. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menciptakan meja belajar yang terlihat menyenangkan.

Bersama dengan anak, pilihlah berbagai pernak-pernik atau dekorasi berwarna-warni yang bisa membantu menghidupkan suasana meja belajar. Supaya tetap terlihat cantik, jangan gunakan terlalu banyak warna.

Itulah tips yang bisa diterapkan untuk menata meja belajar anak di rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News