Santai

Apa Itu Cinderella Complex: Ini Penjelasan dan Tanda-Tandanya

Apa Itu Cinderella Complex: Ini Penjelasan dan Tanda-Tandanya

MOMSMONEY.ID - Apa itu istilah cinderella complex? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Fenomena cinderella complex adalah fenomena yang berkaitan dengan perubahan gaya hidup perempuan, di mana perempuan memiliki ketakutan untuk hidup mandiri.

Istilah ini sendiri pertama digunakan oleh seorang penulis bernama Colette Dowling.

Baca Juga: Wow! Inilah 4 Tanda Anda Miliki Hormon Seks Tinggi, Cari Tahu Yuk

Ia menulis buku mengenai ketakutan seorang perempuan untuk menjadi mandiri dengan menggunakan karakter dongeng Cinderella.

Filosofi ini diambil dari kepribadian Cinderella yang merupakan seorang perempuan mandiri, cantik, sopan, pekerja keras, dan bisa melakukan segala sesuatunya sendiri.

Namun, ia merasa ketakutan dengan hal tersebut dan berniat untuk mengubah situasinya setelah hidup mandiri dengan bantuan pria atau pangeran.

Pada kehidupan masa kini, banyak perempuan yang mengalami ketakutan untuk bisa hidup mandiri dan menggantungkan hidupnya kepada pria.

Banyak wanita mandiri yang sudah bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri dan dalam sekejap ingin mengubah situasi nya untuk diurus oleh orang lain.

Laman Health Grades juga menyebutkan, sindrom ini bisa saja muncul karena akibat dari pola asuh orangtua.

Baca Juga: Coba Yuk, Ini 5 Tips Meditasi Nyaman Terutama bagi Pemula

Orangtua tanpa disadari membiarkan anak-anak mereka sehingga mereka berharap memiliki pangeran sebagai mana dikisahkan dalam dongeng untuk merawat mereka.

Sehingga, fenomena cinderella complex menjadi hangat dalam beberapa perbincangan. Tanda tanda atau ciri dari sindrom cinderella complex ada beberapa.

Seperti yang dilansir dari laman Health Grades, salah satu cirinya adalah ada ketergantungan perempuan kepada pasangan karena sulitnya mengambil keputusan dan pilihan.

Selain itu, tanda lainnya adalah ada rasa cemas dan ketakutan untuk hidup mandiri dan menurut kebahagian nya. Sebab, ia merasa dirinya lemah dan tidak berdaya.

Selalu ingin berada di zona nyaman dan memiliki kepercayaan diri yang rendah juga bisa menjadi tanda sindrom Cinderella complex ini.

Baca Juga: Bad Mood? Ini 4 Teh yang Berkhasiat Meningkatkan Suasana Hati

Perempuan dengan sindrom ini juga lebih cenderung sering mendambakan pria seperti sosok pangeran dalam kisah dongeng.

Pangeran ini adalah orang yang bisa menyelamatkan mereka, melindungi, kuat, dan menyediakan segala kebutuhannya.

Hal tersebut adalah naluri alamiah karena orang dengan kepribadian ini sering menunjukkan sikap yang lebih suka diayomi atau diurus oleh orang lain.

Itulah penjelasan dan tanda fenomena cinderella complex yang biasa melanda perempuan masa kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News