HOME, Santai

Apa itu AMOLED, Super AMOLED, dan Dynamic AMOLED

Apa itu AMOLED, Super AMOLED, dan Dynamic AMOLED

MOMSMONEY.ID - Layar AMOLED bisa menjadi alasan dalam memilih sebuah gadget. Hal itu karena layar AMOLED menghasilkan warna dan kontras yang nyaman dipandang. 

Pada awalnya, layar AMOLED umum digunakan pada smartphone gaming. Hal itu karena layar AMOLED mampu melakukan refresh rate tinggi sehingga dapat menjalankan game lebih halus. Layar AMOLED juga mempengaruhi waktu respon smartphone sehingga membuat baterai cukup awet.

Baca Juga: Pilihan Smart TV Murah di Tahun 2021

Apa Itu Layar AMOLED

AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Layar AMOLED adalah pengembangan dari layar OLED. Layar OLED sendiri merupakan pembaruan dari layar LCD dan LED yang meskipun memiliki ketajaman warna tetapi rentan pada air serta memiliki umur yang pendek. 

Kelebihan AMOLED dibandingkan OLED adalah pada masa pakai, ketahanan pada cuaca yang lebih ekstrim, dan ketajaman warna di bawah sinar matahari. Jika jenis layar lain akan gelap atau menghitam di bawah sinar matahari, maka layar AMOLED mampu mengeluarkan warna yang baik.

Alasan Smartphone Tidak Banyak Menggunakan Layar AMOLED

Layar AMOLED memiliki kelebihan dalam menghemat baterai dan menampilkan visual yang baik. Namun, harga layar AMOLED jauh lebih tinggi ketimbang jenis layar lain. Hal ini yang membuat beberapa produsen smartphone pada awalnya enggan untuk menggunakan layar AMOLED.

Seperti yang diketahui, beberapa smartphone yang menggunakan layar AMOLED memiliki harga di atas rata-rata. Salah satu smartphone yang menggunakan layar ini adalah POCO F2, yang pada akun resmi Tokopedia Xiaomi Official Store dijual dengan harga hampir 8 juta-an. 

Baca Juga: Advan GX, Punya RAM 6 Giga Harga Cuma 2 Juta

Pembaruan AMOLED

Setelah semakin banyak smartphone yang menggunakan layar AMOLED, muncul berbagai pembaruan. Melansir oled-info.com, Super AMOLED merupakan klaim dari Samsung untuk menyebut layar AMOLED pada produknya. Layar Super AMOLED tersebut diklaim mampu menampilkan gambar yang lebih baik dengan lapisan peka sentuh yang terintegrasi. 

Setelah itu, Samsung pada tahun 2019 memperkenalkan produk terbarunya kala itu yang bernama Smartphone Galaxy S10. Produk tersebut menggunakan generasi baru AMOLED yang disebut Dynamic AMOLED. Dynamic AMOLED merupakan layar Super AMOLED yang memiliki kelebihan HDR10+. 

Nah itu tadi adalah ulasan mengenai layar AMOLED dan generasinya. Pada level yang lebih tinggi, smartphone menggunakan layar Infinity-O yang mampu menutupi seluruh sisi ponsel.

Selanjutnya: Intip Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S22, Dilengkapi S-Pen dan Kamera 200MP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News