HOME, Bugar

Antibodi Vaksin Sinovac Hanya Bertahan 6 Bulan, Benarkah?

Antibodi Vaksin Sinovac Hanya Bertahan 6 Bulan, Benarkah?

MOMSMONEY.ID - Antibodi vaksin Sinovac dikabarkan hanya bertahan selama 6 bulan. Penelitian baru di China menunjukkan bagaimana antibodi yang dipicu vaksin Covid-19 Sinovac menurun di bawah ambang batas utama. 

Studi dilakukan dengan mengambil sampel darah orang dewasa sehat berusia 18 hingga 59 tahun. Data penurunan ini didasarkan pada dua kelompok yang terlibat penelitian, masing-masing terdiri dari 50 peserta.

Peneliti juga memberi dosis ketiga vaksin Sinovac kepada 540 peserta. Ketika peserta diberi booster, sekitar enam bulan dari suntikan kedua, tingkat antibodi meningkat sekitar tiga hingga lima kali lipat.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum, Saat dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

Di antara peserta yang menerima dua dosis, dua atau empat minggu terpisah, hanya 16,9% dan 35,2% masing-masing masih memiliki antibodi penetralisir di atas, yang dinilai para peneliti sebagai tingkat ambang batas yang dapat dideteksi enam bulan setelah suntikan kedua, dikutip dari Reuters.

Para peneliti mengatakan tidak jelas bagaimana penurunan antibodi akan mempengaruhi efektivitas suntikan, karena para ilmuwan belum mengetahui secara tepat ambang batas tingkat antibodi untuk vaksin agar dapat mencegah penyakit.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa peserta dalam beberapa kelompok yang menerima dosis ketiga suntikan vaksin Sinovac sekitar enam bulan setelah suntikan kedua, menunjukkan peningkatan sekitar 3-5 kali lipat dalam tingkat antibodi setelah 28 hari lebih lanjut, dibandingkan dengan tingkat yang terlihat empat minggu setelah suntikan kedua. 

Baca Juga: 7 Tips Sebelum Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

Kabarnya studi ini dilakukan oleh para peneliti di otoritas pengendalian penyakit di Provinsi Jiangsu, Sinovac, dan institusi Cina lainnya dan hasil temuan ini diumumkan pada 25 Juli 2021 melalui rilis makalah penelitiannya.

Para peneliti memperingatkan bahwa penelitian ini tidak menguji efek antibodi terhadap varian yang lebih menular, dan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai durasi antibodi setelah suntikan ketiga vaksin Sinovac.

Selanjutnya: Waspadai Komorbid Pada Penderita Covid-19, Ketahui Macam-Macamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News