Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum, Saat dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

Sumber: UNICEF
Kamis, 22 Juli 2021 | 15:10 WIB
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum, Saat dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

MOMSMONEY.ID - Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh sehingga seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka orang tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan, menurut website resmi Corona Jakarta.

Vaksin sendiri adalah mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Sebelum menerima vaksinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum, saat, dan sesudah Vaksinasi Covid-19.

SEBELUM VAKSINASI

1. Cari tahu informasi akurat

Banyak informasi yang tidak valid terkait vaksin dan vaksinasi Covid-19. Pastikan anda mencari informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Kementrian Kesehatan, UNICEF dan WHO. 

2. Berkonsultasi dengan dokter

Jika anda pernah mengalami alergi atau penyakit bawaan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi, agar vaksinasi berjalan dengan lancar sesuai anjuran dokter. 

3. Pastikan tubuh dalam kondisi bugar

Beristirahat dan minum air putih yang cukup sebelum melakukan vaksinansi Covid-19 agar tubuh merasa bugar saat dilakukan vaksinasi.

 Baca Juga: 7 Tips Sebelum Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

SAAT VAKSINASI

1. Ikuti protokol kesehatan

Pastikan anda selalu mengikuti protokol kesehatan saat berada dalam lokasi vaksinasi. Pastikan menggunakan masker dan berjaga jarak dengan orang lain yang ada di sekitar.

2. Berikan informasi yang jujur

Sampaikan pada petugas kesehatan tentang Riwayat kesehatan dan berikan informasi yang jujur terkait kondisi anda. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memastikan screening berjalan dengan baik sehingga tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan setelah melakukan vaksinasi. 

3. Simpan bukti vaksinasi

Sertifikat vaksin saat ini diperlukan untuk syarat berpergian atau kegiatan lainnya. Dan ingat, jangan berikan sertifikat vaksinasi kepada siapapun untuk menghindari kebocoran data.  

Baca Juga: Saat Anak Terinfeksi Virus Corona, Segera Lakukan Hal Ini

SETELAH VAKSINASI

1. Ikuti prosedur pemantauan

Ikuti anjuran tenaga kesehatan saat berada di lokasi vaksinasi. Biasanya anda diminta untuk menunggu selama 30 menit untuk melihat adanya KIPI atau reaksi pasca vaksinasi. 

2. Bersabar

Setelah vaksin anda harus tetap menjaga pola makan dan sabar menunggu agar dosis bereaksi pada tubuh. 

3. Jaga diri dan sesama

Setelah vaksinasi, tetap lakukan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat. Tetap lakukan 5m untuk menjaga diri dan sekitar. 

Moms, berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum, saat, dan sesudah Vaksinasi Covid-19. Jangan sampai lengah ya, Moms. 

Selanjutnya: Macam-Macam Penyakit Komorbid yang Wajib Anda Ketahui

Editor: Helvana Yulian
Terbaru