Santai

Anti Boros, Intip 5 Tips Budgeting Mudah untuk Mahasiswa di Sini

Anti Boros, Intip 5 Tips Budgeting Mudah untuk Mahasiswa di Sini

MOMSMONEY.ID - Bagi para mahasiswa, berikut ini ada tips budgeting mudah yang bisa mulai dilakukan.

Menjadi mahasiswa tentu juga akan mengalami kesulitan dalam hal mengatur keuangan alias budgeting.

Kadang uang saku yang diperoleh bisa terasa tidak cukup untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari dan bahkan ditabung.

Nah berikut ini, Momsmoney telah merangkum beberapa tips budgeting mudah yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Simak, ya.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, 4 Tontonan Baru Siap Tayang di Netflix Hari Ini

Hitung total pendapatan

Cara pertama adalah dengan menghitung total pendapatan terlebih dahulu. Baik uang saku, gaji kerja part time, maupun pendapatan lainnya harus ditotal terlebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa banyak uang yang dimiliki dalam setiap bulan. Pastikan juga pendapatan tersebut adalah pendapatan bersih yang sudah dipotong dengan biaya pajak, ya.

Catat pengeluaran bulanan

Setelah mengetahui total pendapatan bersih, tips selanjutnya adalah dengan mencatat semua pengeluaran dalam sebulan.

Termasuk beberapa diantaranya adalah peralatan sekolah, belanja bulanan, bayar kos, pulsa dan internet, transportasi, biaya belanja mingguan, hiburan, dan keperluan lain-lain.

Laman CNBC menyarankan, agar menambahkan alokasi dana untuk menabung sebagai pengeluaran yang juga harus disisihkan.

Baca Juga: Ingin Atur Finansial di 2023? Tonton 5 Channel YouTube Finansial dan Budgeting Ini

Berikan batasan budget

Perlu diingat bahwa untuk bisa mengatur budget, pastikan untuk selalu menggunakan uang dengan bijak. Caranya adalah dengan memberikan batasan budget untuk setiap pengeluaran.

Buatlah pos-pos dari pengeluaran tersebut menjadi kebutuhan dan keinginan. Utamakan budget untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang sesuai dengan alokasi dana. Setelahnya, gunakan sisa uang untuk memenuhi keinginan pribadi.

Gunakan aplikasi budgeting

Jika merasa kesulitan untuk mengatur keuangan, cobalah menggunakan aplikasi budgeting. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengatur keuangan dan melacak pengeluaran.

Melansir dari laman Best Colleges, aplikasi budgeting masa kini pun sudah banyak yang terintegrasi dengan akun bank. Sehingga, memberikan kemudahan untuk mengatur uang serta melacak pengeluaran.

Cara ini efektif untuk membantu mengatur keuangan dan juga mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan dalam sebulan.

Lakukan secara rutin

Agar bisa menjadi sebuah kebiasaan baik, maka cara-cara tersebut harus dilakukan secara rutin. Untuk bisa tetap melakukan budgeting yang sehat, pastikan untuk meluangkan waktu di setiap akhir bulan untuk melakukan evaluasi budgeting sekaligus mengatur untuk bulan selanjutnya.

Jangan lupa juga untuk mencatat pengeluaran tak terduga yang dilakukan dalam satu bulan dan menggunakan uang dengan bijak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh.

Bisa dipraktekkan secara langsung, itulah tadi beberapa tips dan cara budgeting mudah bagi para mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News