HOME, Santai

Angkutan Mudik Sepeda Motor Gratis Dimulai 26 April – 9 Mei 2022

Angkutan Mudik Sepeda Motor Gratis Dimulai 26 April – 9 Mei 2022

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Setelah diliburkan selama 2 tahun, kini akhirnya pemerintah kembali mempersilahkan masyarakat untuk mudik lebaran. Berbagai tiket moda transportasi kini telah ramai diburu demi bisa kembali ke kampung halaman. 

Nah, untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, kali ini Kementerian Perhubungan kembali menggelar program angkutan sepeda motor gratis (motis) menggunakan moda transportasi kereta api. Program ini akan resmi dimulai pada 26 April hingga 9 Mei 2022. 

Zulfikri, Direktur Jenderal Perkeretapian Kementerian Perhubungan menyebutkan, meski angkutannya menggunakan kereta api, tetapi program Motis tidak hanya dibatasi untuk pemudik yang menggunakan angkutan kereta api.

“Motis juga akan dibuka untuk penumpang yang mudik dengan menggunakan moda transportasi bus dan travel,” ujarnya 

Baca Juga: Mudik Pakai Pesawat? Ini 5 Tips untuk Dapatkan Tiket Pesawat Murah!

Bagi yang ingin memanfaatkan program Motis, masyarakat bisa mendaftarkan diri secara langsung maupun secara online.

Peserta bisa datang langsung ke beberapa stasiun yang ditunjuk. Sedangkan pendaftaran online bisa dilakukan melalui www.bit.ly/motis2022. 

PT KAI Logistik pihaknya telah menyiapkan kuota sekitar 9.280 motor untuk melayani arus mudik pada 26 – 30 April 2022 dan arus balik pada 5-9 Mei 2022. Per harinya disediakan kuota sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan 2 kereta api dengan 8 rangkaian gerbong bagasi. 

Baca Juga: Wajib Isi e-HAC Bagi Pemudik di Seluruh Moda Transportasi, Begini Caranya!

Adapun rutenya akan melintasi jaluu lintas utara dan lintas selatan secara pulang pergi (PP).  Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang.

Untuk Lintas Selatan dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari. 

Tak perlu khawatir, selama pengiriman, pemilik kendaraan juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News