HOME, Santai

Anda Termasuk yang Mana? Berikut Ini 4 Tipe Kepribadian Introvert

Anda Termasuk yang Mana? Berikut Ini 4 Tipe Kepribadian Introvert

MOMSMONEY.ID - Introvert merupakan sebuah kepribadian yang dikenal pendiam dan cenderung pasif. Namun sebenarnya introvert memiliki 4 tipe umum yang membedakan introvert dengan ciri khasnya sendiri.

Ada jenis social introvert, thinking introvert, anxious introvert, dan restrained introvert. Berikut ini adalah penjelasn 4 jenis introvert yang umum ditemukan menurut penelitian yang dilakukan oleh psikologis Jennifer Grimes, Jonathan Cheek, and Julie Norem.

Baca Juga: Tak Kalah Istimewa, Ini Dia Beberapa Keistimewaan Kepribadian Introvert

Social introvert

Melansir dari laman Webmd, social introvert merupak jenis introvert yang klasik. Social introvert menyukai circle pertemanan yang kecil dan lebih memilih berada dalam kelompok kecil dibandingkan dengan keramaian.

Bukan karena pemalu, namun social introvert lebih nyaman untuj berada dalam circle kecil bahkan sendirian. Dalam sebuah hubungan, social introvert akan selalu meminta waktu sendiri untuk me-recharge kembali diri mereka. 

Thinking introvert 

Seorang dengan kepribadian thinking introvert memiliki kecerdasan alami, kreatif, dan merupakan seorang pemikir. Mereka suka menghabiskan waktu untuk berpikir tentang suatu ohal yang bisa tetap membuat mereka kreatif dan imajinatif.

Thinking introvert memiliki self awareness yang tinggi dan memiliki sifat introspektif. Mereka juga cenderung sering meminta waktu untuk memikirkan sesuatu sebelum membuat keputusan atau merespon suatu pertanyaan.

Baca Juga: Ketika Anak Anda Melakukan 6 Hal Ini, Kemungkinan Besar Mereka Sedang Kesepian

Anxious introvert

Introvert yang masuk dalam jenis ini lebih menyukai kesendirian dan mudah merasa canggung jika berada dalam lingkungan banyak orang. Introvert jenis ini mudah merasa cemas lantaran suka merenungkan sebuah pembicaraan yang dialaminya bersama lawan bicaranya.

Mereka yang masuk dalam jjenis introvert  ini juga lebih memilih untuk menghindari banyak acara sosial. Dalam hal berhubungan, anxious introvert akan lebih memilih melakukan kegiatan yang membuatnya merasa nyaman. Kencan buta atau speed dating juga bukanlah hal yang menarik bagi mereka.

Restrained introvert

Introvert jenis ini merupakan orang yang sangat tertutup kepada orang yang belum mereka kenal. Namun seiring berjalannya waktu, jika mereka merasa nyaman maka mereka akan membuka diri dan menjadi diri mereka sendiri. 

Restrained introvert adalah seorang yang menyukai pergerakan kecil dalam hidupnya dan menyukai hal hal yang tidak terprediksi. Dalam hal berhubungan, introvert jenis ini cenderung lebih suka memendam perasaannya hingga ia merasa nyaman untuk bercerita walaupun dengan pasangannya sendiri.

Selanjutnya: Merasa Hampa dalam Sebuah Hubungan? Bisa Jadi Itu Empty Love, Simak Tanda-Tandanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News