HOME, Keluarga

Anda Sedang Flu? Hati-Hati, Flu Pada Manusia Bisa Menulari Kucing Peliharaan

Anda Sedang Flu? Hati-Hati, Flu Pada Manusia Bisa Menulari Kucing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin sudah tahu tentang risiko zoonosis yang ditularkan hewan ke manusia. Namun ternyata, manusia juga dapat menularkan penyakit kepada hewan. Terutama sakit flu yang kerap menyerang manusia di saat-saat tertentu.

Flu memiliki beberapa tipe yang disebabkan oleh virus-virus yang berbeda seperti myxovirus dan rhinovirus.  Virus-virus ini biasanya tertular dari orang lain yang sakit. Seseorang yang sedang lelah, stres, atau memiliki alergi biasanya akan lebih rentan terkena virus.

Baca Juga: Ini Tanda-Tandanya Bila Hewan Peliharaan Terkena Rabies dan Pertolongan Pertamanya

Dilansir dari Thesprucepets.com, menurut Ontario Veterinary College, kucing mungkin dapat terkena flu bergantung pada jenis virusnya (walau tidak umum terjadi), tetapi anjing tidak. Kucing bengal termasuk dalam daftar spesies yang rentan.

Flu ringan (common cold) dari manusia tidak akan menulari kucing. Namun sebenarnya, kucing atau anjing memiliki versi flu mereka sendiri. Gejalanya pun serupa dengan flu manusia, seperti batuk, bersin, pilek, sulit bernafas, demam, lesu, dan kehilangan nafsu makan. Jadi, belum tentu ketika mereka terserang flu karena akibat dari manusia yang menulari.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kucing Takut dan Benci dengan Air

Manusia mungkin bisa tahan dengan flu, tetapi ada baiknya Anda membawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa. Radiografi (sinar-x), kultur bakteri, sitologi, atau pengujian lain mungkin direkomendasikan.

Selain itu, dokter hewan juga akan menyarankan obat antiinflamasi nonsteroid untuk mengurangi demam. Pemberian antibiotik juga diperlukan. Ini berfungsi untuk mengurangi infeksi bakteri. Lama flu yang menyerang kucing bergantung pada tingkat keparahan. Sebagian besar hewan benar-benar pulih dari flu setelah dua hingga tingga minggu.

Selanjutnya: Hati-Hati Memberikan Susu ke Kucing, Bisa Picu Masalah Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News