HOME, Keluarga

Anda Memelihara Hamster? Ini Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatannya

Anda Memelihara Hamster? Ini Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatannya

MOMSMONEY.ID - Sama seperti hewan peliharaan lainnya, hamster juga memerlukan makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Hamster membutuhkan kombinasi protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air bersih yang tepat.

Selain itu, hamster juga hewan pengerat sehingga kesehatan gigi mereka perlu diutamakan. Mereka membutuhkan jenis makanan yang bisa dikunyah agar giginya tetap kuat dan sehat.

Untuk membantu Anda, dilansir dari Petco.com, berikut beberapa jenis makanan terbaik untuk hamster Anda.

Baca Juga: Mengenal Sugar Glider, Hewan Peliharaan Pengerat yang Istimewa

Pelet

Pelet hamster adalah makanan utama yang paling terbaik. Sebab, makanan ini dirancang sesuai dengan kebutuhan nutrisi hamster.  Pelet hamster bisa datang dalam berbagai bentuk, tetapi biasanya terlihat seperti tabung kecil yang kering. Memberikan pelet pada hamster juga mencegah hamster memilih-milih makanan yang menyebabkan kebutuhan nutrisinya tidak seimbang. Namun, Anda tetap mengombinasikan makanan pelet dengan jenis makanan lain agar hamster tidak bosan.

Biji-Bijian

Biji-bijian adalah makanan utama yang paling umum diberikan kepada hamster. Biji-bijian mengandung protein dan karbohidrat yang baik untuk hamster. Anda tak perlu bingung lagi memilih biji-bijian yang sesuai untuk hamster, karena kini Anda dapat membelinya di pet shop.

Produk tersebut merupakan campuran biji-bijian dan sayuran kering yang dikhususkan untuk hamster Anda. Namun, jangan pernah berikan biji apel secara mandiri karena itu sangat beracun.

Sayuran

Sayuran segar seperti selada, brokoli, bayam, kembang kol, wortel, dan sayuran hijau gelap lainnya adalah pilihan yang bagus untuk makanan hamster. Sayuran juga memiliki tekstur yang baik sebagai makanan kunyahan.

Hamster biasanya akan melahap bagian yang mereka sukai dulu, lalu meninggalkan bagian yang lain di akhir. Perhatikan untuk tidak memberikan sayuran yang mengandung air tinggi seperti timun dan kubis secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan hamster diare.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pakan Anjing yang Berkualitas

Buah-buahan

Hamster juga menyukai buah-buahan seperti stroberi, pir, apel, dan pisang. Namun, buah-buahan tidak boleh diberikan lebih dari 10% dari jumlah makanan utamanya. Buah-buahan berbiji sebaiknya dipisahkan, terutama buah apel yang bijinya beracun. Anda dapat mengupasnya dan memotong buah-buahan dalam ukuran kecil untuk memudahkan hamster memakannya. Selain itu, pastikan untuk membuang buah-buahan yang sudah tidak dimakan dalam waktu 24 jam.

Timotius Jerami

Timotius jerami atau rumput kering adalah cemilan yang baik untuk menjaga gigi hamster tetap kuat dan sehat. Rumput kering juga mengandung serat yang baik untuk pencernaannya. Anda dapat menemukan rumput kering untuk hamster ini di pet shop.

Air Matang dan Bersih

Semua hewan termasuk hamster, membutuhkan persediaan air minum untuk menjaganya tetap terhidrasi. Pastikan air yang Anda berikan adalah air matang yang bersih dan bebas klorin. Pastikan juga bahwa persediaan air untuk hamster selalu terisi setiap saat.

Selanjutnya: Ini 5 Hewan Pengerat yang Aman untuk Dipelihara di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News