HOME, Keluarga

Mengenal Sugar Glider, Hewan Peliharaan Pengerat yang Istimewa

Mengenal Sugar Glider, Hewan Peliharaan Pengerat yang Istimewa

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin tertarik untuk memelihara hewan-hewan unik seperti hewan pengerat. Ini bukan hamster, tetapi sugar glider! Sugar Glider atau yang bernama ilmiah petaurus breviceps merupakan hewan mamalia mungil yang berasal dari Australia dan Indonesia.

Saat ini, eksistensi sugar glider banyak diminati banyak orang sebagai hewan peliharaan karena tak terlalu sulit merawatnya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk merawatnya, Anda perlu mengenal seperti apa hewan yang satu ini.

Baca Juga: 6 Jenis Ras Anjing Mungil yang Menggemaskan

Nama sugar glider didapat dari kebiasaan mereka yang suka memakan makanan manis, terutama buah dan sayuran segar. Mereka juga memiliki selaput luncur yang membentang dari pergelangan tangan hingga kaki yang digunakan untuk meluncur, sehingga disebut glider.

Hewan unik ini sejenis dengan possum yang memiliki perilaku omnivora, arboreal, dan nokturnal. Jika diperhatikan, mereka memiliki penampilan yang mirip dengan tupai meski tidak terkait erat. Sugar Glider juga merupakan hewan berkantung, satu keluarga dengan kanguru atau koala.

Meski memiliki moncong yang sama seperti hewan pengerat, tetapi sugar glider tidak termasuk. Dilansir dari sugargliderinfo.org, memiliki keuntungan dibanding hewan peliharaan sejenis tikus, mereka tidak berbau dengan pemberian makanan yang tepat. Sugar glider juga tidak perlu mandi.

Hewan pengerat umumnya memiliki gigi yang terus tumbuh, sehingga mereka secara umum terus mengunyah sesuatu untuk mengusangkan gigi. Namun, sugar glider secara alami tidak mengunyah sesuatu atau merusak secara alami.

Keistimewaan sugar glider berikutnya adalah mereka memiliki kecerdasan yang sama dengan anjing. Ketika Anda melatih dengan benar, mereka dapat mempelajari nama mereka, datang ketika dipanggil, bahkan melakukan trik.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Makanan untuk Kelici Peliharaan yang Baik dan Bergizi

Sugar glider juga merupakan hewan yang mudah terikat dengan pemiliknya. Setiap sugar glider hampir selalu memiliki orang favorit, orang yang paling sering memegangnya dan memberikan perhatian. Biasanya, mereka akan menganggap semua orang yang dekat dengannya adalah ‘koloni’ mereka. 

Sugar Glider memang bisa dibiarkan tanpa kandang, tetapi Anda tetap harus memberinya kandang untuk keamanannya. Saat sugar glider berusia 7-10 bulan, mereka akan memerlukan kandang yang lebih besar untuk beraktivitas.

Hewan ini juga merupakan hewan yang bersih dan mudah ditebak saat ingin buang kotoran. Secara naluriah, mereka tidak akan buang kotoran di tempat tidur mereka. Maka, Anda perlu mempersiapkan tempat khusus untuk mereka buang air besar dan kecil.

Kebanyakan hewan peliharaan sangat berisiko terhadap orang-orang yang punya alergi. Kendati demikian, sugar glider merupakan hewan yang aman dipeliharaan oleh orang dengan alergi. 

Selanjutnya: Cek Kondisi Kesehatan Pencernaan Hewan Peliharaan Kesayangan Melalui Fesesnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News