Santai

Anda Kesulitan untuk Konsentrasi? Kenali 6 Penyebab Fokus Menurun Berikut

Anda Kesulitan untuk Konsentrasi? Kenali 6 Penyebab Fokus Menurun Berikut

MOMSMONEY.ID - Sering kali dialami para pekerja atau anak, inilah penyebab mengapa seseorang tidak bisa fokus.

Tidak fokus dan konsentrasi menurun ternyata bisa terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Ada faktor medis dan eksternal yang menjadi alasannya.

Padahal, fokus dan konsentrasi menjadi penentu segala kegiatan yang dilakukan selama satu hari tersebut.

Maka dari itu, cari tahu dulu, yuk, beberapa alasan dan penyebab mengapa seseorang mengalami kesulitan untuk fokus berikut:

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ini 6 Ide Kado Natal Eco Friendly

Kondisi medis

Kondisi medis banyak menjadi penyebab utama seseorang tidak bisa berkonsentrasi atau fokus. Melansir dari laman Web MD, ada beberapa kondisi medis yang memengaruhi fokus seseorang.

Misalnya, ADHD, anxiety atau keresahan, depresi, pengobatan, dan masalah tiroid. Beberapa kondisi tersebut mengganggu kesehatan, hormon, dan juga pengaturan mood yang menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan fokus.

Multitasking

Banyak yang mengira bahwa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu alias multitasking menjadi hal yang produktif. Padahal tidak. Multitasking malah membuat konsentrasi dan fokus menjadi menurun.

Sebab, konsentrasi dan fokus menjadi terpecah pada banyak hal yang menyebabkan hasil pekerjaan menjadi kurang maksimal.

Cara lainnya adalah coba untuk melatih fokus dengan melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu saja. Dengan begitu, pekerjaan akan menjadi lebih cepat selesai dengan maksimal.

Kurang nutrisi

Menurunnya tingkat konsentrasi dan fokus juga bisa dikaitkan dengan makanan. Kurangnya asupan nutrisi yang bergizi bisa memengaruhi tingkat fokus seseorang. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih lemas dan kurang bertenaga.

Tak hanya nutrisi, kurang vitamin juga bisa menyebabkan otak kesulitan untuk berfokus dan kehilangan konsentrasi. Orang yang kesulitan fokus biasanya kekurangan vitamin B, C, dan D.

Baca Juga: 7 Tanda Anda adalah Seorang Shopaholic atau Gila Belanja, Waspadai!

Kurang tidur

Istirahat cukup tentu menjadi penentu kondisi kesehatan dan tingkat fokus. Kurang tidur ternyata juga bisa menurunkan tingkat konsentrasi dan fokus.

Hal tersebut, menurut laman Life Hack, disebabkan karena kurang tidur bisa meningkatkan tekanan darah pada tubuh yang kekurangan istirahat. Sehingga tubuh akan menjadi lebih lemas dan akhirnya kehilangan fokus untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan.

Pekerjaan monoton

Pekerjaan yang kurang menantang dan monoton juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan fokus. Sebab, sistem tubuh dan otak sudah terbiasa melakukan pekerjaan tersebut yang menyebabkan tubuh dan otak berada dalam kondisi auto pilot.

Tidak menyukai pekerjaan yang dilakukan juga bisa menjadi penyebab menurunnya konsentrasi seseorang.

Gangguan digital

Di masa teknologi yang semakin maju, gangguan fokus dan konsentrasi juga bisa disebabkan karena gangguan digital.

Keinginan untuk bermain ponsel, mengecek sosial media, atau melakukan hal lainnya menjadi penyebab besar konsentrasi menjadi menurun. Soalnya, kecanduan bermain ponsel dan dunia digital telah mendominasi kehidupan masa kini.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab seseorang kesulitan fokus dan konsentrasi menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News