Bugar

Anda Harus Tahu! Ini Dia Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

Anda Harus Tahu! Ini Dia Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Cuka apel adalah obat herbal serba guna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif bagi kesehatan.

Cuka apel adalah minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol.  

Selain ragi, ditambahkan juga gula yang akan diubah menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter).  

Baca Juga: Ini 5 Manfaat yang Didapat dari Mengonsumsi Brokoli. Cari Tahu Yuk! 

Cuka yang diproses dari fermentasi panjang ini juga menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, dan katekin. Ini menjadikan cuka juga memiliki manfaat sebagai antioksidan.

Berkat adanya kandungan senyawa yang sangat beragam, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid).

Menurunkan kadar lipid dapat membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.  

Menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah menurunkan berat badan. Kabar gembira bagi Anda yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan. 

Ini karena kandungan asam asetat pada cuka apel rupanya dapat membantu membakar lemak, meningkatkan metabolisme tubuh, serta dapat menekan nafsu makan. 

Baca Juga: Tidak Cuma untuk Mata, Ini Segudang Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Menurunkan kadar gula darah

Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal. 

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Arizona, cuka apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes. 

Meredakan diare

Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang terakhir bisa membantu meredakan diare. Cuka apel terbuat dari ekstrak apel yang difermentasi.

Fermentasi apel ini menghasilkan senyawa pektin yang membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

Keberadaan bakteri baik di usus ini sangat baik bagi pencernaan, karena dapat melancarkan saluran cerna serta mencegah peradangan pada organ cerna.  

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda coba untuk merasakan manfaatnya. Tentunya konsumsi dengan tepat dan tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News