HOME, Bugar

Anda Harus Tahu! Ini Dia Cara Mengatur Pola Makanan Sehat untuk Lansia

Anda Harus Tahu! Ini Dia Cara Mengatur Pola Makanan Sehat untuk Lansia

MOMSMONEY.ID - Pola makan sehat untuk lansia mungkin akan berbeda dengan kebutuhan makanan sehat pada umumnya.

Sebab, pertambahan usia bisa menyebabkan terjadinya penurunan nafsu makan, kemampuan tubuh mencerna makanan, serta gangguan kesehatan yang memengaruhi proses mengunyah dan menelan makanan.

Kasus penurunan nafsu makan pada lansia mungkin akan sulit dihindari. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi.

Mengatasi masalah makan pada pada usia lanjut juga penting dilakukan untuk menghindari risiko malnutrisi. Pada tingkat yang parah, hal ini bisa memperparah kondisi tubuh dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Karbohidrat Kompleks untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa tips menerapkan pola makan sehat untuk lansia. Dengan begitu, risiko penyakit dan masalah kesehatan akibat kurang gizi bisa dihindari.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa cara mengatur pola makanan sehat untuk lansia yang bisa dicoba, antara lain: 

1. Makan teratur dan sesuai jadwal

Cara mengatur pola makanan sehat untuk lansia yang pertama adalah makan teratur dan sesuai jadwal. Salah satu tips menerapkan pola makan sehat untuk lansia adalah mengatur waktu makannya.

Hal ini tidak hanya memudahkan proses mengonsumsi makanan, tapi juga penting untuk memastikan nutrisi dalam tubuhnya tetap terjaga.

Atur pola makan tiga kali sehari dengan diselingi camilan, dan pastikan untuk mengikuti jadwal makan yang sudah dibuat.

2. Makanan yang mudah ditelan

Cara mengatur pola makanan sehat untuk lansia yang kedua adalah makanan yang mudah ditelan. Masalah lain yang mungkin dialami lansia adalah kesulitan menelan atau gangguan pada gigi dan gusi.

Bukan tidak mungkin, hal ini menjadi salah satu alasan lansia menjadi malas makan. Maka dari itu, usahakan untuk memilih jenis makanan yang mudah ditelan, misalnya makanan bertekstur lembut, dipotong kecil-kecil, atau dicincang.

3. Pilih makanan bernutrisi

Cara mengatur pola makanan sehat untuk lansia yang ketiga adalah pilih makanan yang bernutrisi. Hal paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah asupan makanan bernutrisi lengkap.

Memastikan lansia mengonsumsi makanan bernutrisi bisa membantu menjaga berat badan, menguatkan otot tubuh, dan mendukung proses metabolismenya.

Pastikan menu makan harian lansia terdiri dari protein, karbohidrat, serat, serta vitamin dan mineral.

Baca Juga: Inilah Sederet Cara Merawat Lansia dengan Osteoporosis

4. Batasi gula dan garam

Cara mengatur pola makanan sehat untuk lansia yang keempat adalah batasi gula dan garam. Pertambahan usia tidak hanya terjadi pada fisik dan bagian luar tubuh, tapi juga memengaruhi ogan dalam.

Maka dari itu, proses metabolisme dan pencernaan makanan pada lansia tidak bisa disamakan dengan orang yang berusia lebih muda. Kondisi tubuh secara keseluruhan juga tentu akan berbeda.

Biar tetap sehat meski sudah lanjut usia, cobalah untuk menerapkan pola makan sehat yang membatasi asupan gula dan garam.

Berlebihan dalam mengonsumsi gula dan garam bisa meningkatkan risiko penyakit tertentu, termasuk obesitas dan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur pola makanan sehat untuk lansia yang yang bisa Anda terapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News