HOME, Keluarga

Alat-Alat Dapur Ini Perlu Diganti Secara Rutin, Apa Saja?

Alat-Alat Dapur Ini Perlu Diganti Secara Rutin, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Tanpa disadari, banyak peralatan dapur yang sebenarnya perlu diganti secara rutin karena mudah menjadi sarang bakteri.

Jika dibiarkan, bakteri, kotoran, dan kuman yang bersarang di berbagai peralatan ini dapat berpindah ke makanan atau kulit tubuh, sehingga dapat mengancam kesehatan Anda.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memeriksa alat dapur yang Anda miliki. Dirangkum dari bhg.com, Epicurious, dan Local Root, berikut beberapa peralatan dapur yang sebaiknya diganti secara rutin.

Baca Juga: Tak Membosankan, Simak 4 Tips Menggunakan Warna Gelap di Kamar Mandi

Talenan

Talenan alias cutting board merupakan alat dapur yang sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan memasak. Karena sering digunakan, talenan yang berbahan plastik maupun kayu perlu diganti jika sudah terlihat kurang layak dan memiliki banyak goresan. Sebab, goresan-goresan yang terlalu banyak dapat berisiko menjadi sarang bakteri yang sulit dibersihkan.

Spons

Selain talenan, spons juga termasuk alat dapur yang sering digunakan sehari-hari. Karena selalu terkena air dan kotoran, spons sangat rentan menjadi sarang bakteri dan kuman. Jika spons sudah terlihat kotor dan berubah bentuk, gantilah dengan segera.

Kain lap

Kain lap tidak hanya berfungsi untuk mengelap piring dan alat makan lainnya, tapi juga dapat digunakan untuk mengelap berbagai permukaan di dapur. Oleh karena itu, kotoran, bakteri, dan kuman dari kain lap sangat mudah berpindah ke mana saja, termasuk ke kulit tubuh. Gantilah kain lap jika sudah robek-robek atau sangat kotor sehingga sulit dicuci hingga bersih.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Warna Keramik Lantai yang Bikin Rumah Terlihat Luas

Wadah plastik

Jika Anda suka mengumpulkan wadah plastik bekas, jangan biasakan menyimpan dan menggunakannya dalam jangka waktu yang terlalu lama. Sebab, wadah plastik akan mengalami penurunan kualitas sehingga bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat berpindah ke makanan yang Anda santap. Buanglah wadah plastik jika sudah tidak layak digunakan.

Alat masak

Alat masak berbahan silikon atau kayu memang praktis karena aman digunakan pada panci dan wajan antigores, tapi penggunaannya juga harus diperhatikan supaya tidak menjadi sarang bakteri. Jika sudah mengalami tanda-tanda kerusakan seperti meleleh atau retak, sebaiknya ganti alat masak tersebut dengan yang baru.

Parutan dan pengupas

Alat parutan dan pengupas akan menjadi tumpul seiring waktu, sehingga justru dapat menyulitkan dan melukai Anda saat menggunakannya. Berbeda dengan pisau, parutan dan pengupas yang sudah tumpul hampir mustahil ditajamkan kembali sehingga perlu diganti secara rutin.

Itulah beberapa contoh alat dapur yang perlu rutin diganti supaya tidak mudah menjadi sarang bakteri maupun menyulitkan Anda saat memasak. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News