HOME, Keluarga

Alasan Kucing Suka Mengendus Sesuatu yang Ditemuinya

Alasan Kucing Suka Mengendus Sesuatu yang Ditemuinya

MOMSMONEY.ID - Tingkah kucing kadang tak bisa ditebak apa maunya. Namun, sebenarnya itu adalah pertanda atau bagian dari caranya berkomunikasi. Salah satu yang paling kerap dilakukan kucing adalah mengendus benda-benda yang ditemuinya. Apa ya maksudnya?

Kucing memiliki sekitar 45-200 juta saraf penerima di organ penciumannya. Saraf ini membantu kucing mendeteksi aroma hingga konsentrasi paling kecil. Menilik kebiasaan dan kemampuan ini, tampaknya kucing sangat berorientasi pada aroma. Dilansir dari The Spruce Pets, untuk kucing, aroma menentukan status seksual dan digunakan untuk berkomunikasi, berinteraksi sosial, dan mengidentifikasi wilayah.

Baca Juga: Hal-Hal yang Tidak Disukai Kucing Peliharaan

Kucing memiliki kelenjar aroma di antara jari-jari kaki mereka. Ketika mereka menggaruk suatu benda, itu tak hanya meninggalkan bekas cakaran, tetapi juga aroma pribadi mereka. Kucing biasanya meninggalkan tanda kepemilikan dengan cara ini. Terkadang, mereka akan mengendus untuk mengecek wilayah mereka dan sekaligus menandai wilayah yang belum dimiliki.

Selain di sela-sela jari, kelenjar aroma juga terletak di kulit dagu, bibir, dahi, dan ekor. Maka, saat mereka menggosokan tubuh ke suatu benda, aroma pribadi mereka juga akan melekat. Hal ini disebut dengan bunting. Bunting ini mengidentifikasi bahwa sesuatu itu adalah aman untuknya, akrab, dan kepada seseorang itu merupakan tanda bahwa orang tersebut anggota keluarganya.

Kucing yang sengaja mengendus pemilik bisa berarti komunikasinya. Kucing bisa datang dari hari yang panjang dan mengendus Anda, yang merupakan tanda kebahagiaannya bertemu Anda. Dalam situasi ini, Anda dapat membelainya untuk memberikan kasih sayang dan perhatian.

Baca Juga: Jangan Dipotong! Ini Pentingnya Fungsi Kumis pada Hewan Kucing

Saat Anda pulang dari suatu tempat, kucing mungkin akan menghampiri Anda untuk membelai pergelangan kaki Anda. Itu bisa berarti sapaan dan menyegarkan aroma keluarga. Namun, dia juga akan mengendus-endus Anda dan barang-barang yang Anda bawa untuk ‘membaca’ dari mana saja Anda berada.  

Selain kepada anggota keluarga, kucing yang berani akan mengendus orang-orang baru yang dia temui. Lewat penciumannya, kucing dapat mempelajari informasi tentang orang lain. Misalnya, mengetahui apakah seseorang tersebut berada di dekat kucing lain, orang lain, dan banyak lagi.

Kegiatan mengendus kucing tak hanya dilakukan kepada benda-benda dan manusia saja, tetapi juga kepada kucing lainnya. Feromon yang dimiliki oleh setiap kucing dapat mengidentifikasi kucing lain sebagai teman atau musuh. Maka, tak heran jika setiap kucing saling bertemu, mereka akan saling mengendus untuk berkenalan.

Selanjutnya: Memiliki Hewan Peliharaan, Salah Satu Terapi untuk Autisme

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News