CLOSE [X]
ads

Ada 4 Tanda Seseorang Sedang Mengalami Insecurity, Berikut Ini Penjelasannya!

Reporter: Christ Penthatesia
Selasa, 10 Mei 2022 | 06:50 WIB
Ada 4 Tanda Seseorang Sedang Mengalami Insecurity, Berikut Ini Penjelasannya!

ILUSTRASI. Insecurity merupakan sejenis perasaan tidak nyaman dengan diri sendiri yang bisa menimpa siapa pun dan dalam rentang usia mana pun.


MOMSMONEY.ID - Kondisi di mana seseorang merasa aneh atau tidak nyaman dengan diri sendiri, adalah kondisi yang disebut dengan insecurity.

Biasanya insecurity pun juga diikuti dengan munculnya perasaan anxiety atau kekhawatiran tentang diri sendiri, impian, dan bahkan hubungan dengan orang lain. Melansir dari laman Web MD, insecurity bisa terjadi dan menimpa siapa pun dan dalam rentang usia berapa pun. 

Penyebab munculnya perasaan insecurity juga beragam, ada yang disebabkan karena trauma, kondisi sosial ekonomi, pergaulan, lingkungan sekitar, dan bahkan karena sebuah pola di masa lalu dengan menunjukkan beberapa tanda.

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang yang sedang mengalami insecurity.

Baca Juga: Ingin Adakan Halal Bihalal? Jangan Lupa Persiapkan 4 Hal Berikut Ini Ya!

Harga diri rendah

Tanda pertama yang kerap muncul dari seseorang yang mengalami insecurity adalah adanya rasa harga diri yang rendah ketika mereka melihat dirinya sendiri.

Hal ini bisa berupa pikiran yang menganggap diri rendah, menganggap diri tidak memiliki kelebihan, dan bahkan selalu beranggapan negatif pada diri sendiri.

Membandingkan diri

Tanda lain seseorang yang mengalami insecurity adalah adanya kecenderungan untuk selalu membandingkan diri dengan orang lain.

Keinginan untuk membandingkan diri dengan orang lain ini bisa juga menyebabkan seseorang untuk merubah diri menjadi seorang lain yang selama ini dianggap lebih baik dirinya.

Baca Juga: Coba Kirim 4 Pesan Ini Yuk, Agar Bisa Balikan dengan Mantan!

Menganggap tak ada yang menyukai

Orang-orang yang mengalami insecurity juga sering menganggap bahwa mereka tidak sempurna dan tidak ada orang yang menyukai mereka.

Melansir dari laman Mind Body Green, yang perlu dilakukan adalah menghapus asumsi tersebut adalah dengan bersyukur serta menghabiskan waktu untuk berfokus dengan orang orang yang mencintai dibanding dengan yang tidak.

Selalu merasa kurang

Selalu merasa diri kurang atau tidak pernah cukup juga merupakan salah satu tanda yang muncul ketika seseorang mengalami insecurity.

Merasa sensitif terhadap kritik dan mudah merasa tersakiti juga salah satu tanda dari insecurity. Selain itu merasa diri lemah dan tidak pantas mendapatkan hal baik karena kekurangan yang dimiliki juga merupakan tanda lain dari seseorang yang mengalami insecurity.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru