Keluarga

AC Bikin Boros Listrik? Ikuti Cara Ini Untuk Menurunkan Tagihan Listrik

AC Bikin Boros Listrik? Ikuti Cara Ini Untuk Menurunkan Tagihan Listrik

MOMSMONEY.ID -  Saat cuaca panas, AC jadi sering digunakan di dalam rumah. Namun saat AC sering digunakan, tagihan listrik di rumah jadi boros. Lalu bagaimana cara menurunkan tagihan listrik meski sering menggunakan AC?

Menyalakan AC sepanjang hari bisa menyebabkan tagihan listrik Anda naik signifikan. Apalagi dengan semakin maraknya tren bekerja dari rumah, tak khayal penggunaan AC di siang hari jadi semakin meningkat. Jadi tak ada salahnya menggunakan cara di bawah ini untuk menurunkan tagihan listrik saat menggunakan AC sepanjang hari.

Ini Cara Menurunkan Tagihan Listrik Meski Sering Menggunakan AC

Baca Juga: Tak Hanya Coldplay, 8 Musisi Luar Negeri Ini Bakal Konser di Indonesia Tahun 2023

1. Batasi menggunakan peralatan yang menghasilkan panas

Cara hemat listrik saat menyalakan AC adalah membatasi penggunaan peralatan yang menghasilkan panas. Banyak peralatan dapur dan mencuci yang menghasilkan panas sehingga membuat AC bekerja keras. 

Untuk menurunkan tagihan listrik saat menggunakan AC sepanjang hari, Anda bisa menggunakan microwave ketimbang kompor atau oven di siang hari. Jika dibutuhkan, atur jadwal penggunaanya di pagi hari saat listrik tak banyak digunakan dan udara di luar masih dingin.

2. Atur suhu di malam hari

Suhu udara yang panas di malam hari memang membuat tidur tak nyaman. Sehingga Anda terbiasa tetap memasang AC dengan suhu serendah mungkin. 

Namun jika dibandingkan siang hari, suhu udara di luar saat malam hari sudah lebih dingin. Jadi sebaiknya Anda menaikan pengaturan suhu AC Anda di malam hari untuk menurunkan tagihan listrik. 

Selain itu sebaiknya matikan AC Anda saat sudah terlelap. Cara paling mudah adalah mengatur timer supaya AC otomatis mati. 

3. Segel jendela atau ventilasi ruangan

Menyegel jendela atau ventilasi di ruangan bisa mencegah udara panas dari luar masuk ke dalam rumah. Ini membuat rumah Anda tetap dingin. Juga mencegah udara dingin dari dalam rumah Anda keluar. 

Kemudian saat malam hari, buka jendela supaya sirkulasi udara di dalam rumah tetap baik. Selain itu udara di malam hari lebih dingin dibanding siang hari. 

4. Manfaatkan bayangan dari luar rumah

Anda bisa menghindari penggunaan AC yang terlalu lama dengan menaungi jendela yang menghadap timur, selatan dan barat. Anda bisa menambahkan atap atau teralis di atas jendela. 

Anda juga bisa menggunakan kaca film untuk meminimalkan efek pancaran dan sunar UV. Menanam pohon di sisi selatan dan barat rumah juga bisa membuat rumah jadi lebih teduh. Jadi Anda tak perlu terlalu lama menggunakan AC dan tagihan listrik bisa turun. 

Baca Juga: Yuk Ikuti Cara Memenangkan War Tiket Konser Coldplay Ini!

5. Lakukan perawatan rutin AC

Untuk menghemat listrik dan menurunkan tagihan listrik saat menggunakan AC dalam jangka panjang, Anda perlu melakukan perawatan rutin. Dengan cara ini, kinerja AC akan semakin efisien. 

Ganti filter udara pada AC secara rutin. Anda sebaiknya mengganti filter AC minimal 2-3 bulan sekali. Namun Anda perlu lebih sering mengganti jika di sekitar rumah Anda banyak debu atau memelihara hewan di dalam rumah. 

6. Pasang kipas angin di langit-langit
Memasang kipas angin di langit-langit akan membantu sirkulasi udara di rumah semakin baik. Dengan bantuan kipas angin, Anda bisa meminimalkan penggunaan AC. Sehingga tagihan listrik bisa turun. 

Demikian 6 menurunkan tagihan listrik saat menggunakan AC sepanjang hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News