Santai

9 Fitur Terbaru Android 13 untuk Samsung, Widget Canggih hingga Wallpaper Estetik

9 Fitur Terbaru Android 13 untuk Samsung, Widget Canggih hingga Wallpaper Estetik

MOMSMONEY.ID - Samsung telah merilis beberapa fitur terbaru Android 13. Ada fitur terbaru Android 13 untuk Samsung yang membuat pengguna semakin tertarik.

Fitur terbaru Android 13 untuk Samsung terdapat beberapa pembaruan seperti pada widget hingga wallpaper. 

Sebelum memperbaruinya, Anda perlu menyimak sederet fitur terbaru Android 13 untuk Samsung. 

Mengutip 9to5google.com, Android 13 versi Samsung sangat berbeda dengan visi Google.

Baca Juga: Intip HP Samsung yang Dapat Update Android 13 Mulai Januari 2023, Simak Daftarnya

Build yang disertakan dengan ponsel dan tablet Galaxy mencakup banyak perubahan yang identik dengan visi pabrikan Korea untuk OS seluler Google sendiri.

Fitur Terbaru Android 13 untuk Samsung 

1. Tema Dinamis

Seperti Android 13 di ponsel Google Pixel, Samsung telah meningkatkan mesin tema dinamisnya dengan dukungan warna yang diperluas.

Terdapat hingga 16 tema warna prasetel berdasarkan wallpaper yang diterapkan. Atau, Anda dapat memilih dari 12 pilihan warna dasar, termasuk empat pilihan dua nada.

Tidak seperti ponsel Pixel, Samsung mengizinkan penonaktifan palet warna di One UI 5. Jika Anda bukan penggemar mesin tema berbasis wallpaper, dapat menonaktifkannya.

2. Animasi dan efek yang mulus 

Samsung mengubah animasi dan transisi sistem di One UI 5 agar lebih mulus dari sebelumnya.

Buram latar belakang pada layar beranda, panel pengaturan cepat, dan elemen UI lainnya menggunakan warna yang lebih cerah untuk pengalaman yang lebih baik.

3. Kustomisasi layar kunci yang lebih mudah

Samsung telah mengambil isyarat dari iOS 16 dan membuat kustomisasi layar kunci lebih mudah di One UI 5. Anda dapat memasuki mode pengeditan dengan menekan lama pada layar kunci.

Dari sini, Anda dapat menyesuaikan penempatan dan tampilan jam layar kunci, menyesuaikan tampilan notifikasi, dan menambahkan informasi kontak Anda.

4. Widget 

Samsung memperkenalkan kemampuan penumpukan widget di One UI 4.1. One UI 5 telah menyempurnakan penerapannya lebih lanjut untuk meningkatkan kegunaan.

Sebelumnya, Anda memilih kumpulan Smart Widget diikuti dengan ukurannya dari pemilih widget dan menambahkannya ke layar utama.

Baca Juga: Bocoran HP Keluaran Terbaru 2023 yang Rilis Awal Tahun, Cek Daftarnya

Setelah ini, Anda harus menekan lama Smart Widget dan memilih widget yang ingin Anda susun bersama. 

Kini, Samsung membuat segalanya lebih sederhana di One UI 5 dengan menghapus konsep "Smart Widget". Anda menekan lama widget di layar beranda, ketuk opsi Buat tumpukan, dan pilih widget yang ingin Anda tumpuk satu sama lain.

5. Gerakan multitasking baru

Untuk pengalaman multitasking yang lebih baik, Samsung menambahkan dua gerakan eksperimental di One UI 5.

Buka Pengaturan> Fitur lanjutan> Lab, di mana Anda akan melihat dua tambahan baru: Geser untuk tampilan pop-up dan Geser untuk layar terpisah.

Dengan gerakan pertama, Anda dapat membuka aplikasi dalam mode berjendela dengan menggeser dari pojok kanan atas layar ke tengah.

Gerakan kedua memungkinkan Anda untuk dengan cepat memicu mode layar terbagi dengan aksi menggesek dua jari dari bagian bawah layar. Gerakan ini tersedia di One UI 4 melalui modul Good Lock.

Baca Juga: Sederet HP Samsung Terbaru 2023 yang Rilis Awal Tahun, Ini Daftar dan Spesifikasinya

6. Pengenalan teks di aplikasi Galeri

Di One UI 5, Samsung menempatkan kemampuan pengenalan karakter optik (OCR) aplikasi Galeri di garis depan.

Ikon T muncul di pojok kanan bawah saat aplikasi mendeteksi teks di foto. Mengetuknya menyoroti teks, yang kemudian dapat Anda salin atau bagikan.

7. Latar belakang panggilan khusus

Anda dapat mengatur latar belakang panggilan khusus di One UI 5 untuk kontak tertentu. Samsung telah mengizinkan mengubah latar belakang panggilan di versi One UI sebelumnya, tetapi Anda terbatas pada opsi bawaan.

Di One UI 5, Anda dapat memilih gambar pilihan Anda berdasarkan per kontak.

8. Panel notifikasi

One UI 5 menghadirkan beberapa perubahan kecil pada bayangan notifikasi. Ikon aplikasi ditampilkan lebih menonjol, sehingga Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi aplikasi asal notifikasi dikirim.

Baca Juga: Cek Daftar HP Terbaru 2023 yang Bakal Segera Rilis

9. Mode dan Rutinitas

Bixby Routines telah diubah namanya menjadi Modes and Routines in One UI 5. Bixby Routines sekarang lebih pintar dan lebih bertenaga, dengan penemuan rutinitas prasetel yang lebih mudah, mode Tidur baru yang canggih, dan kemampuan untuk melihat sekilas rutinitas aktif Anda.

Rutinitas kini juga mendukung lebih banyak kondisi dan tindakan, sehingga Anda dapat memicunya secara otomatis saat mode Pesawat atau hotspot Seluler digunakan.

Demikian pula, Rutinitas dapat digunakan untuk membuka pasangan aplikasi secara otomatis bila diperlukan.

Nah, itulah 9 fitur terbaru Android 13 untuk Samsung. Anda bisa mencoba beberapa pembaruan tersebut dengan memperbarui HP Samsung di Android 13. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News