Keluarga

7 Tips Bepergian bersama Bayi Pakai Kereta, Dijamin Lancar dan Menyenangkan!

7 Tips Bepergian bersama Bayi Pakai Kereta, Dijamin Lancar dan Menyenangkan!

MOMSMONEY.ID - Dijamin lancar dan menyenangkan, ini 7 tips bepergian bersama bayi pakai kereta.

Bepergian menggunakan kereta tidak kalah menyenangkannya dengan menggunakan mobil atau pesawat.

Namun, apa jadinya jika Anda harus membawa bayi kecil Anda saat bepergian dengan menggunakan kereta?

Tak perlu khawatir dan bingung, berikut 7 tips bepergian bersama bayi pakai kereta yang bisa Anda terapkan untuk melancarkan sekaligus membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini Cara Reschedule Tiket Kereta di Loket Stasiun dan Aplikasi KAI Access

1. Sesuaikan tiket kereta dengan jadwal si kecil

Bayi kecil bisa menjadi sangat rewel jika jadwalnya berubah. Misal, ketika ia tidak diberi makan atau tidur sesuai waktu yang biasa dilakukan.

Oleh sebab itu, cobalah untuk memesan tiket kereta yang paling sesuai dengan jadwal bayi Anda. Juga, hindari membuat perubahan besar dalam jadwal si kecil beberapa hari sebelum bepergian.

Apabila tidak memungkinkan, berusahalah untuk membuat bayi Anda merasa senyaman mungkin di sekitar waktu keberangkatan yang sudah Anda jadwalkan. Contoh, jika waktu keberangkatan kereta bentrok dengan waktu makan bayi Anda, maka Anda dapat memberinya makan terlebih dahulu agar ia tidak lapar dan menangis.

2. Kemas semua barang-barang yang penting

Tidak masalah seberapa panjang perjalanan yang akan ditempuh menggunakan kereta, pastikan semua kebutuhan bayi Anda tidak tertinggal.

Beberapa barang yang penting dan tidak boleh dilewatkan saat bepergian bersama bayi menggunakan kereta adalah sebagai berikut:

  • Seprai atau kain yang lembut untuk alas bayi berbaring
  • Mainan favorit bayi sebagai hiburan
  • Oto atau celemek bayi untuk mencegah makanan mengotori pakaian
  • Selendang atau kain penutup menyusui
  • Termos atau vacuum flask
  • Popok ekstra
  • Pakaian ekstra dan pakaian hangat jika kereta ber-AC
  • Kantong plastik
  • Obat untuk mabuk perjalanan dan masalah pencernaan akibat perjalanan

3. Bawa kotak P3K

Siapkan kotak P3K khusus bayi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan jangan lupa untuk membawanya saat hari-H.

Kotak P3K tersebut harus berisi obat-obatan untuk demam, pilek, hidung tersumbat, infeksi telinga, tetes hidung bayi (nasal saline), tisu, termometer, antiseptik, perban, dan kapas.

Jangan lupa juga untuk menyimpan nomor telepon dokter anak langganan Anda jika Anda perlu menghubunginya selama perjalanan.

4. Pertimbangkan untuk menggunakan baby carrier

Untuk perjalanan kereta api, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggendong si kecil dengan baby carrier alih-alih menggunakan kereta dorong bayi.

Dengan menggunakan baby carrier, itu akan membantu Anda menavigasi peron dan stasiun yang padat dengan lebih mudah.

Baca Juga: Cara Melakukan Pembatalan Tiket Kereta di Loket Stasiun dan Aplikasi KAI Access

5. Siapkan makanan bayi dengan baik

Memastikan bayi makan dengan baik dalam kereta api bisa menjadi tantangan besar. Baik itu menyusui atau memberi susu formula, pastikan Anda membawa semua peralatan makan si kecil termasuk botol, alat sterilisasi, pompa ASI, bantal menyusui, oto, dan kain penutup menyusui.

Jika bayi Anda sudah mulai makan makanan padat, selalu ingat untuk membawa buah-buahan seperti pisang, apel, dan jeruk. Bawa juga sereal semolina atau sereal berbahan beras dan pure buatan sendiri yang dibekukan.

6. Pastikan bayi terhibur dan nyaman selama perjalanan

Sebelum memutuskan untuk bepergian dengan bayi menggunakan kereta, persiapkan terlebih dahulu berbagai cara untuk membuatnya tetap terhibur dan nyaman selama perjalanan.

Anda bisa membawa beberapa mainan favorit, benda-benda rumah tangga berukuran kecil, dan buku bergambar. Sesekali, putar lagu pengantar tidur di ponsel dan buatlah ekspresi wajah lucu untuk membuat si kecil nyaman dan terhibur.

Jika memungkinkan, pesanlah tiket first class atau second class untuk mendapatkan tempat yang lebih lega sekaligus nyaman untuk bayi Anda.

7. Jangan terlalu mengkhawatirkan reaksi orang

Ketika bayi Anda mulai menangis atau rewel, jangan lantas memasukkannya ke dalam hati ya Moms. Jangan pula merasa terintimidasi dengan reaksi orang-orang di dalam kereta.

Pasalnya, perilaku bayi yang demikian merupakan hal yang normal terjadi dalam fase pertumbuhannya. Jadi, Anda tak perlu menganggap diri Anda sebagai sosok ibu yang buruk saat bayi Anda menciptakan kegaduhan selama perjalanan.

Demikian 7 tips bepergian bersama bayi pakai kereta. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News