Keluarga

Cara Melakukan Pembatalan Tiket Kereta di Loket Stasiun dan Aplikasi KAI Access

Cara Melakukan Pembatalan Tiket Kereta di Loket Stasiun dan Aplikasi KAI Access

MOMSMONEY.ID - Mudah, ini cara melakukan pembatalan tiket kereta di loket stasiun dan aplikasi KAI Access.

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan pembatalan tiket kereta. Untuk Anda yang terbiasa membeli tiket kereta tanpa aplikasi, maka Anda dapat melakukan pembatalan tiket secara langsung di loket stasiun.

Untuk solusi lebih praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi KAI Access untuk melakukan pembatalan tiket kereta dengan cepat.

Lebih detail, berikut cara melakukan pembatalan tiket kereta di loket stasiun dan aplikasi KAI Access yang dilansir dari Contact Center KAI.

Baca Juga: 4 Cara Transfer Dari BCA ke DANA, Mulai dari M-banking hingga Sim Tool Kit

Cara pembatalan tiket kereta di loket stasiun

  1. Dilakukan di loket stasiun online yang melayani pembatalan tiket
  2. Mengisi dan menandatangani formulir pembatalan yang telah disediakan
  3. Membawa identitas asli dan fotokopi identitas

Cara pembatalan tiket kereta di aplikasi KAI Access

  1. Pada menu Tiket, pilih kode booking perjalanan kereta yang akan dibatalkan
  2. Pada halaman tersebut, klik tombol "Pembatalan"
  3. Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan perjalanan kereta
  4. Baca dan centang Syarat & Ketentuan kemudian klik "Lanjut" untuk proses pembatalan
  5. Pada halaman Akun Bank, masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund). Kemudian lanjutkan proses pembatalan
  6. Pada halaman konfirmasi, pastikan pembatalan perjalanan kereta telah sesuai dengan yang Anda pilih pada tahap sebelumnya. Klik tombol "Ya Saya Yakin" untuk proses selanjutnya
  7. Selamat proses pembatalan perjalanan kereta telah berhasil

Apakah pembatalan tiket kereta bisa diwakilkan?

Jawabannya adalah bisa. Apabila diwakilkan, pastikan membawa identitas asli dan surat kuasa bermaterai 10.000 dari pemilik tiket kepada pemohon pembatalan beserta fotokopi bukti identitas pemberi kuasa dan yang dikuasakan. Jika yang tertera di tiket adalah anak-anak, tidak perlu surat kuasa.

Apabila tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama, maka identitas dan surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini Cara Reschedule Tiket Kereta di Loket Stasiun dan Aplikasi KAI Access

Lama pengembalian uang untuk pembatalan di loket stasiun

Pengembalian atau pengambilan uang tunai atas pembatalan tiket kereta dapat diambil 30 hari setelah pembatalan tiket di stasiun yang ditunjuk oleh KAI.

Adapun stasiun yang ditunjuk sebagai pelayanan pembatalan tiket dan pengambilan bea tiket yang dibatalkan meliputi:

  1. Divre I Sumatera Utara: Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran, Rantauprapat
  2. Divre II Sumatera Barat: Padang
  3. Divre III Sumatera Selatan: Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang
  4. Daop 1 Jakarta: Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor, Bekasi, Cikampek
  5. Daop 2 Bandung: Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar
  6. Daop 3 Cirebon: Cirebon, Cirebon Perujakan, Jatibarang, Brebes
  7. Daop 4 Semarang: Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro, Ambarawa khusus untuk pembatalan dan pengembalian bea tiket Kereta Api Wisata Ambarawa
  8. Daop 5 Purwokerto: Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo
  9. Daop 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, Solobalapan
  10. Daop 7 Madiun: Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang
  11. Daop 8 Surabaya: Surabayagubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar
  12. Daop 9 Jember: Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan

Ketentuan lainnya

  • Biaya administrasi 25% per tiket yang dibatalkan
  • Pengembalian uang ke rekening akan dilakukan dalam waktu 30-45 hari. Jangan lupa cantumkan nomor rekening dan nomor telepon yang dapat dihubungi
  • Pembatalan tiket di KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan kereta
  • Pengembalian bea pembatalan yang dilakukan di KAI Access tidak dapat dilakukan secara tunai di stasiun
  • Pengembalian bea pembatalan yang dilakukan di KAI Access dilakukan setelah hari ke-30 hingga ke-45 hanya melalui skema transfer bank
  • Tiket yang dibeli dari channel pemesanan mitra resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dapat dilakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. Dengan syarat kode pemesanan bisa masuk ke dalam menu "tambahkan tiket" atau add my ticket

Sekian informasi tentang cara melakukan pembatalan tiket kereta di loket stasiun dan aplikasi KAI Access. Mudah, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News