HOME, Keluarga

7 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat

7 Jenis Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat

MOMSMONEY.ID - Di luar negeri, seseorang yang tinggal sendiri, biasanya akan memelihara seekor hewan untuk menjadi teman tinggalnya. Selain menyenangkan, sejumlah hasil riset mengatakan bahwa memelihara hewan dapat mengurangi rasa kesepian dan meredakan stres. Jika Anda salah satu orang yang ingin memelihara hewan, maka ulasan ini akan sangat cocok untuk Anda.

Perlu Anda ketahui, tidak semua jenis hewan peliharaan cocok bagi semua usia dan kalangan. Sebab, terkadang memelihara memiliki tujuan tertentu untuk pemiliknya. Misalnya, seorang tunanetra memelihara anjing untuk menjaga rumah atau sebagai penunjuk arah. Bahkan seseorang memelihara banyak kucing untuk mencegah tikus di rumah Anda.

Dilansir dari pertanian.jogjakota.go.id, untuk anak-anak diutamakan hewan peliharaan yang berukuran kecil dan jinak, sehingga mudah dipegang dan diajak bermain. Memelihara hewan bagi anak-anak bermanfaat melatih rasa tanggung jawab sejak dini. Sementara bagi orang dewasa, memelihara hewan dapat menjadi relaksasi tersendiri. Hewan jinak, pintar, dan mudah dilatih akan cocok untuk para orang dewasa dan lanjut usia sebagai teman sehari-hari.

Baca Juga: Gawai Ini Bisa Pantau Aktivitas Belajar Online Anak

Nah, berikut ini adalah 7 jenis hewan peliharaan yang mudah dirawat di rumah.  

Kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat mudah pemeliharaannya, terutama kucing jenis ras domestic shorthair atau kucing kampung. Tak seperti kucing-kucing kelas atas seperti anggora dan persia, memelihara kucing kampung hanya perlu memberikan perawatan harian yang low budget alias murah meriah.

Kucing merupakan hewan yang menggemaskan dengan tingkah yang lincah. Sangat cocok dipelihara oleh anak-anak hingga orang dewasa yang gemar bermain. Warnanya pun beragam mulai dari hitam, oren, putih, bahkan juga ada yang memiliki campuran warna beragam sekaligus.

Cara merawatnya mudah. Anda hanya perlu memberi makan sesuai jenis makanannya, air minum matang, memandikan secara berkala jika dibutuhkan, dan mengajaknya bermain. Jika diperlukan, Anda mungkin juga dapat memeriksakan kondisi kesehatannya di klinik hewan sesekali.  

Anjing

Ada beberapa tujuan manusia memelihara hewan anjing. Ada yang memang dipelihara sebagai penjaga rumah dan ada juga yang menjadikannya teman bermain. Bagi kamu yang ingin menjadikannya hewan peliharaan untuk bermain, jenis anjing pomeranian adalah pilihan yang cocok.

Dilansir pethouse.co.id, meski dapat tumbuh dengan ukuran yang kecil, tetapi jenis anjing yang satu ini cukup mudah diatur, bahkan bisa beradaptasi lebih cepat dengan pemiliknya. Anjing perlu tinggal di tempat yang bersih karena kebanyakan bulu-bulunya lebat dan berwarna putih. Hewan ini juga lincah dan ceria. Perawatannya pun sama seperti memelihara kucing anggora dan persia.

Ikan Hias

Peliharaan selanjutnya adalah ikan hias. Meski hewan ini tak bisa diajak bermain, memelihara ikan hias akan memberikan ketenangan, mereakan stres, dan membangkitkan mood positif bagi pemiliknya. Ikan hias yang biasa dipelihara antara lain ikan mas koki, ikan cupang, ikan guppy, ikan molly, dan ikan neon tetra.
Ikan hias umumnya hidup di air tawar yang ada di rumah. Cara memeliharanya sangat mudah yakni Anda hanya perlu membersihkan aquarium dan memberinya makan secara rutin.

Baca Juga: 5 Film Angkat Kesehatan Mental, Yuk Cari Tahu

Marmut

Marmut dan hamster sebenarnya masih dalam satu spesies. Hanya saja, marmut memiliki ukuran yang lebih besar daripada hamster. Marmut juga lebih jinak dan mudah disentuh. Ada banyak jenis marmut di Indonesia, di antaranya marmut american, marmut abyssinian, marmut texel, hingga marmut alpaca.  

Cara merawat marmut perlu kehati-hatian karena mereka sangat kecil. Anda tidak bisa sembarangan melepaskannya dengan bebas seperti halnya anjing dan kucing. Berikan kandang serta sediakan makanan dan minuman. Marmut umumnya memakan rumput-rumputan, biji-bijian, dan buah-buahan.

Kelinci

Hewan kelinci selain bisa dijadikan sebagai hewan ternak untuk dikonsumsi, juga dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan. Badannya yang mungil, bertelinga panjang, dan berkaki kecil sangat cocok menjadi hewan peliharaan anak-anak.

Cara merawatnya, Anda perlu menyediakan kandang setidaknya berukuran 2x2 meter dan rajin membersihkannya seinggu sekali. Anda juga perlu menyediakan makanan segar dan minuman air matang. Kelinci umumnya memakan buah-buahan segar, tomat, wortel, dan sayur-sayuran hijau.   

Baca Juga: Memelihara Hewan di Rumah Dapat Membantu Self-Healing

Kura-kura

Kura-kura merupakan hewan peliharaan yang unik. Sayangnya, ada beberapa jenis kura-kura yang memang tidak diizinkan untuk dipelihara karena langka. Namun, Anda tetap bisa memelihara jenis kura-kura air yang tak dilindungi sebagai hewan peliharaan di rumah.

Cara merawatnya cukup mudah. Anda perlu memberinya kandang berbentuk aquarium persegi dengan menambahkan sedikit pasir pantai seperti habitatnya. Meski merupakan hewan yang hidup di dunia alam, kura-kura tak bisa hidup di tempat yang terlalu lembab.

Jenis makanan kura-kura biasanya dipengaruhi oleh umur dan jenis. Beberapa di antaranya memakan buah-buahan segar, serangga, dan daging.

Burung

Ada banyak jenis burung yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan yang dapat menceriakan suasana rumah. Di antaranya burung lovebird, kenari, kakak tua, beo, hingga burung nuri. Ciri khas memelihara burung biasanya karena warnanya yang beragam dan suaranya yang unik, terutama jenis burung beo dan kakak tua yang uniknya bisa mengikuti ucapan seseorang saat terbiasa mendengarkannya.

Cara merawatnya, Anda perlu menyediakan kandang khusus burung, menyediakan air minum matang, dan menyediakan makanan. Burung umumnya memakan biji-bijian dan buah-buahan.

Selanjutnya: Promo Whiskas Shopee Mulai Rp 9.900 Edisi Juli 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News