HOME, Santai

5 Film Angkat Kesehatan Mental, Yuk Cari Tahu

5 Film Angkat Kesehatan Mental, Yuk Cari Tahu

MOMSMONEY.ID - Film dengan tema kesehatan mental mulai menarik perhatian bagi penikmat film. Mengandung banyak info baru mengenai kesehatan mental, film dengan ide cerita seperti ini dapat dengan mudah ditonton.

Beberapa penyakit mental memang kerap digunakan  sebagai alur cerita dalam sebuah film. Perpaduan antara plot yang menceritakan seperti apa kesehatan mental dan thriller, genre ini sukses dalam menciptakan pengalaman menonton film yang tidak mudah dilupakan. 

Ini dia 5 film dengan tema kesehatan mental yang bisa Anda tonton jika Anda ingin menambah pengetahuan Anda mengenai kesehatan mental.

Baca Juga: 3 Film yang Paling Banyak Ditonton di Netflix, Sudah Nonton?

Black Swan (2010)              

Dibintangi oleh bintang Hollywood ternama seperti Natalie Portman, Mila Kunis, dan Winona Ryder, film ini mengangkat cerita seorang balerina yang menderita anxiety disorder.

Beberapa tindakan seperti menyakiti diri sendiri dan bahkan gangguan seperti eating disorder juga ditunjukkan dalam film ini.

Film ini mendapat rating tinggi dari imdb sebanyak 8/10, karena berhasil menampilkan bagaimana struggle yang harus dihadapi seseorang dengan beberapa gangguan mental karena trauma yang dialami di masa lalunya. Jika penasaran langsung saja ditonton, ya.

The Perks of Being a Wallflower (2012)

Film yang diangkat dari buku penulis ternama Stephen Chbosky ini menceritakan kehidupan remaja bernama Charlie yang mengalami PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder.

Ini disebabkan karena trauma yang di hadapinya setelah teman baiknya meninggal karena bunuh diri. PTSD sendiri dijelaskan dalam laman Mayoclinic sebagai gangguan yang kerap kali disebabkan karena trauma masa lalu. Penderita gangguan ini dapat dengan mudah terpicu karena adanya flashback, mimpi buruk, dan kecemasan.

Selain itu, banyak pula trauma menumpuk lainnya yang diderita oleh Charlie yang menyebabkan ia harus menjalani terapi psikologis. Film yang dibitangi oleh bintang ternama seperti Emma Watson, Logan Lerman, dan Ezra Miller ini mendapat rating 7.9/10 dari imdb. 

Baca Juga: Yuk Moms, Bikin Konten Youtube A Day In My Life! Siapa Tahu Cuan

Split (2016)

Bergenre horror dan thriller, film yang memperoleh rating 7.3/10 dari imdb ini menampilkan cerita tentang seorang dengan Dissociative Identity Disorder. Dissociative Identity Disorder (DID) menurut Wikipedia adalah gangguan mental yang ditandai dengan adanya dua atau lebih status kepribadian yang berbeda dalam satu orang. 

Diceritakan dalam film ini bahwa Kevin yang memiliki 23 kepribadian, menculik 3 remaja yang kemudian mereka harus berupaya menemukan kepribadian asli Kevin sebelum kepribadiannya yang ke 24 terungkap.

The Edge of Seventeen (2016)

Social anxiety menjadi cerita yang ditampilkan dalam film yang mendapat rating 7.3/10 dari imdb ini. Dalam film yang dibintangi oleh Hailee Steinfeld ini bercerita bagaimana susahnya menjalani kehidupan sebagai remaja.

Dari mulai susahnya bersosialisasi, berteman, hingga bergaul menjadi permasalahan kompleks yang kerap dihadapi remaja.

Hal ini menjadi sangat menarik karena hampir rata-rata remaja Amerika mengalami kejadian serupa yang membuat mereka menjadi depresi hingga membutuhkan bantuan obat anti depresi dan psikiater.

Cerita ini dianggap fresh dan baru karena sikap berani untuk menampilkan bagaimana kehidupan real remaja pada usia-usia rentan.

Baca Juga: Ini 4 Rekomendasi Film tentang Konspirasi Dunia

Bagi Anda yang memiliki putra-putri usia remaja, ada baiknya tetap mengawasi mereka jika ingin menonton film ini ya.

All the Bright Places (2020)

Film ini menceritakan tentang dua orang remaja yang bertemu lalu berusaha untuk struggle dengan sisi emosional dan luka-luka masa lalu yang mereka miliki. Gangguan bipolar menjadi concern utama yang ingin ditampilkan pada film yang dibintangi oleh Elle Fanning, Jusice Smith, dan Felix Mallard. 

National Alliance on Mental Illness atau NAMI menjelaskan bahwa gangguan bipolar adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati, energi, bahkan kemampuan untuk berpikir jernih yang terjadi mulai dari terendah hingga tertinggi. 

Belum diketahui penyebab pasti gangguan ini, namun jika Anda tertarik ingin mengetahui seperti apa tepatnya gangguan ini, maka film ini dapat menjadi pilihannya.

Selanjutnya: Hiks, 3 Film Korea Ini Dijamin Bikin Mewek!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News